Iklan dempo dalam berita

KTP Disalahgunakan untuk Pinjaman Online oleh Orang Lain, Ini Cara Mengatasinya

KTP Disalahgunakan untuk Pinjaman Online oleh Orang Lain, Ini Cara Mengatasinya

KTP Disalahgunakan untuk Pinjaman Online oleh Orang Lain, Ini Cara Mengatasinya--

 

3. Melaporkan ke Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YKLI)

 

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) juga menangani keluhan dari debitur mengenai masalah pada pinjaman. Salah satu peran penting YLKI adalah mencegah penyalahgunaan KTP dan identitas lainnya yang dapat membahayakan keamanan pengguna.

 

Organisasi swadaya ini didirikan untuk memberikan edukasi serta perlindungan kepada calon debitur saat mengajukan pinjaman, baik secara online maupun offline, demi kepentingan masyarakat.

 

4. Melaporkan ke Lembaga Bantuan Hukum (LBH)

 

Terakhir, lembaga yang akan membantu Anda menangani penyalahgunaan pencurian identitas adalah Lembaga Bantuan Hukum (LBH). LBH akan membantu pihak-pihak yang tidak mampu dalam memperjuangkan hak hukumnya. 

 

Salah satu yang sering ditangani kasusnya adalah pada debitur pinjaman online yang merupakan hasil pencurian identitas berupa KTP. Bahkan LBH sudah menangani 283 kasus sejak 2016 mengenai persoalan ini. 

 

Pelaporan bisa dilakukan secara online melalui platform resmi bentukan LBH Jakarta disini dengan menyertakan berbagai bukti ancaman ataupun terror debt collector yang disana Anda tidak meminjam dana sama sekali.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: