Iklan dempo dalam berita

Cegah Penularan, DPKH Provinsi Siapkan 9.500 Dosis Vaksin Rabies

Cegah Penularan, DPKH Provinsi Siapkan 9.500 Dosis Vaksin Rabies

Cegah Penularan, DPKH Provinsi Siapkan 9.500 Dosis Vaksin Rabies --

BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COM - Rabies merupakan suatu virus yang mematikan, dan penularannya melalui air liur hewan yang terinfeksi rabies.

BACA JUGA:Antre Ambil SK Pengangkatan, 350 Guru PPPK Padati Dinas Dikbud Seluma

Pada tahun 2023 Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi (DPKH ) Bengkulu menemukan 1 kasus hewan yang diduga tertular rabies.

Mencegah meluasnya penularan, tahun ini Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi menyiapkan sebanyak 9.500 dosis vaksin rabies yang saat ini dalam proses pengadaan.

BACA JUGA:Usut Dugaan Korupsi Dana BOK, Kejari Kaur Geledah 4 Puskesmas

Penjelasan Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu Muhammad Syarkawi, jumlah alokasi vaksin rabies tahun ini menurun mengingat pada tahun sebelumnya mendapatkan 15.400 dosis, karena menyesuaikan kemampuan keuangan daerah. 

Untuk kasus hewan yang positif rabies pada tahun 2022 lalu berjumlah 3 kasus. Karenanya sebagai upaya pencegahan, pemilik Hewan Penular Rabies (HPR) anjing, kera dan kucing diimbau untuk memelihara hewan peliharaannya dengan baik dan tidak dilepas liarkan. 

BACA JUGA:Baca Sholawat Nuridzati 21 Kali Usai Sholat Fardhu, Khasiatnya Bisa Menyembuhkan Penyakit

“Vaksin rabies tahun 2023 ini kita mendapatkan 9.500 dosis, untuk hewan penular rabies seperti kucing, anjingyang kita vaksin. Jumlah ini cukup menurun dibandingkan tahun 2022 yakni 15.400 dosis. Ini karena kemampuan anggaran kita yang cukup menurun di tahun 2023,” kata Muhammad Syarkawi (24/7).

Dian Maya Erika

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: