Iklan dempo dalam berita

Pelajaran dari Gus Baha, Seperti Ini Membaca Wirid yang Dicontohkan Nabi Muhammad

Pelajaran dari Gus Baha, Seperti Ini Membaca Wirid yang Dicontohkan Nabi Muhammad

Gus Baha--

BACA JUGA:Dzikir Ini Dianjurkan Dibaca Sebelum Tidur, InsyaAllah Mendapat Pahala dan Terlindungi saat Tidur

 

Hal itu untuk menunjukkan kepada makmumnya bahwa beliau telah selesai menunaikan ibadah salat, dan sedang wirid untuk mengantisipasi kesalahpahaman kepada para makmum yang baru datang.  

 

"Maka untuk mengantisipasi itu nabi memaklumatkan dengan perilakunya menghadap ke makmum supaya ada kepastian kalau beliau sudah selesai sholat, meski ada perbedaan pandangan dari ulama-ulama namun yang terpenting setelah selesai salam tunjukan bahwa salat sudah selesai," kata Gus Baha. 

  

Selain itu Gus Baha menjelaskan selepas sholat, Nabi Muhammad SAW biasanya hanya membaca istighfar sebanyak 3 kali atau dalam kesempatan lain Nabi juga membaca tasbih 33x, Hamdalah 33x dan takbir 33x, namun ada beberapa ulama yang justru menggabungkan keduanya dalam satu waktu.  

  

Hal tersebutlah yang justru membuat wirid menjadi lama, karena hal tersebut bukan lah sesuatu hal yang wajib sehingga tidak diperbolehkan untuk mewajibkan sesuatu yang tidak wajib.  

BACA JUGA:Sholawat Syifa’ Obat saat Hati Terasa Sempit karena Banyak Masalah

  

"Maka itu membuat wirid menjadi lama, padahal salat yang rukun aja tidak boleh lama apalagi wiridan, bukannya tidak boleh maksudnya pikirkan makmum, itukan hal yang tidak wajib jangan sampai mewajibkan sesuatu yang tidak wajib." terang Gus Baha.  

  

Gus Baha juga menjelaskan di dalam Al-quran dikatakan bahwa wirid tidaklah perlu menunggu, wirid bisa dilakukan kapan pun dan di manapun dan yang terpenting tetap ingat kepada Allah SWT.  

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: