Iklan dempo dalam berita

Mumpung Hari Jumat, Kerjakan 8 Amalan Berikut, Mengerjakan Tidak Sulit namun Bernilai Pahala

Mumpung Hari Jumat, Kerjakan 8 Amalan Berikut, Mengerjakan Tidak Sulit namun Bernilai Pahala

8 amalan yang bisa dikerjakan hari jumat--

 

1. Memperbanyak Sholawat

Nabi Muhammad SAW menganjurkan umat Islam untuk memperbanyak sholawat pada malam dan hari Jumat. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Aus bin Aus RA, Rasulullah bersabda:

BACA JUGA:Mari Kita Ikuti, Ini Dzikir dan Doa Rasulullah Sebelum Beranjak Tidur

 

"Di antara hari-hari kalian yang paling utama adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan dan pada hari itu pula diwafatkan serta pada hari itu pula ditiup sangkakala dan dimatikan semua umat manusia. Karena itu, perbanyaklah membaca sholawat atasku dan bacaanmu itu akan disampaikan kepadaku,"

 

2. Berhias, Bersiwak, Mandi, hingga Memakai Wewangian

Amalan sunnah lainnya yang bisa dikerjakan pada hari Jumat yaitu berhias, bersiwak, mandi serta memakai wewangian. Pria muslim yang ingin pergi ke masjid pada Jumat disunnahkan dalam keadaan bersih. Anjuran ini ada dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Said RA bahwa Rasulullah bersabda:

 

"Setiap muslim hendaklah mandi pada hari Jumat, mengenakan pakaiannya yang terbaik dan memakai wewangian (jika punya)," (HR Bukhari).

 

3. Berdoa pada Hari Jumat

Berdoa pada hari Jumat juga dianjurkan bagi kaum muslimin, terutama ketika saat terakhir pada hari tersebut. Keutamaan berdoa pada hari Jumat tercantum dalam hadits.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: