Iklan dempo dalam berita

Mumpung Hari Jumat, Kerjakan 8 Amalan Berikut, Mengerjakan Tidak Sulit namun Bernilai Pahala

Mumpung Hari Jumat, Kerjakan 8 Amalan Berikut, Mengerjakan Tidak Sulit namun Bernilai Pahala

8 amalan yang bisa dikerjakan hari jumat--

6. Membaca 3 Surah Terakhir dalam Al-Qur'an

Amalan sunnah lain yang bisa dikerjakan pada Jumat yaitu membaca tiga surat terakhir dalam Al-Qur'an. Mengenai anjuran ini, dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Rasulullah bersabda,

 

"Barang siapa setelah shalat Jumat membaca 'Qul huwallahu Ahad (Al-Ikhlas)', 'Qul a'udzu birabbil-falaq (Al-Falaq)', dan 'Qul a'udzu birab bin-nâs (An-Nas)" sebanyak tujuh kali, maka Allah melindunginya dari keburukan hingga Jumat mendatang,"

BACA JUGA:100 Doa akan Dikabulkan jika Rutin Membaca Sholawat Ini Setiap Hari

 

7. Datang Lebih Awal ke Masjid

Dalam suatu riwayat, Alqamah berkata, "Aku pergi bersama Abdullah bin Mas'ud ke masjid untuk menunaikan salat Jumat. Kebetulan di sana sudah ada tiga orang yang datang lebih dahulu. Abdullah lalu berkata, "Akulah yang keempat dan yang keempat itu tidaklah jauh dari Allah. Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda,

 

"Sesungguhnya, orang-orang pada hari Kiamat nanti akan duduk berurutan di hadapan Allah menurut kesegeraan mereka pergi (untuk mendatangi) salat Jumat, yakni yang pertama, kedua, ketiga, dan keempat, sedangkan yang keempat itu tidaklah jauh dari Allah,"

 

8. Mengerjakan Salat Sunnah

Sebelum mengerjakan salat Jumat, disunnahkan untuk salat sunnah selama imam belum datang untuk berkhutbah. Apabila imam sudah datang, hanya salat sunah Tahiyatul Masjid yang boleh dikerjakan.

 

Salat tahiyatul masjid tetap boleh dilakukan meski imam sedang berkhutbah, tetapi harus ringkas dan disegerakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: