Iklan dempo dalam berita

Jadi Acuan Pembangunan Daerah, Dinas Kominfotik Provinsi Bengkulu Fokuskan Data Statistik Terintegrasi

Jadi Acuan Pembangunan Daerah, Dinas Kominfotik Provinsi Bengkulu Fokuskan Data Statistik Terintegrasi

Jadi Acuan Pembangunan Daerah, Dinas Kominfotik Provinsi Bengkulu Fokuskan Data Statistik Terintegrasi--

BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COM - Konsultasi Regional Produk Domestik Bruto dan Indikator Sosial Ekonomi (Konreg PDRB-ISE) Wilayah Sumatera tahun 2023, digelar di Belitung. 

BACA JUGA:Dijamin Lebih Cepat, Begini Cara Bayar Tagihan Lazada Paylater Pakai OVO hanya Hitungan Detik

Turut hadir kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Bengkulu Oslita, dan Kepala Bappeda Yuliswani. Serta sejumlah kepala instansi terkait Bengkulu seperti Perwakilan Bank Indonesia, Kepala BPS Provinsi Win Rizal hingga kepala DJPB Bengkulu Bayu Andy Prasetya.

Tahun ini, Konreg PDRB di Belitung mengusung tema Penguatan Koridor Ekonomi Sumatera Menuju Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan.

BACA JUGA:Bayar Pinjol Akulaku Lewat OVO, Ini Cara hingga Besaran Biaya Admin

Kegiatan ini digelar sejak 9 agustus lalu, dan hasilnya ada beberapa poin yang menjadi fokus untuk kestatistikan kedepan. Terutama dalam penyajian data statistik baik untuk masyarakat, maupun pemerintah daerah. 

"Sebagaimana tugas Kominfo yakni bagaimana menyajikan informasi, termasuk menyajikan data statistik yang kemudian bisa menjadi dasar perencanaan pembangunan. Secara spesifik tujuan pembagunan itu bagaimana mewujudkan pertumbuhan ekonomi inklusif dan berkelanjutan," ujar Kadis Kominfotik Provinsi Bengkulu Oslita.

BACA JUGA:Pageview 2,2 Juta Sehari, rbtv.disway.id Dapat Penghargaan dari Dahlan Iskan

Oslita menerangkan, dari Konreg PDRB tersebut juga dihasilkan poin-poin rekomendasi yang nantinya akan dibahas lebih lanjut pada Rakor Gubernur se-Sumatera.

"Kita (Kominfo) dituntut berbenah dan juga berupaya mengefektifkan sistem aplikasi satu data provinsi yang terintegrasi dengan aplikasi Konreg PDRB. Lebih penting lagi bagaimana membangun kolaborasi OPD dan Satker penyelenggara," tambah Oslita.

BACA JUGA:Jangan Salah, Bukannya Pahala Sedekah juga Bisa Menjadi Dosa, Begini Penjelasan Gus Baha

Tak hanya poin-poin rekomendasi, dalam Konreg PDRB ini juga terbentuk forum komunikasi berupa Deseminasi Kajian dan Data secara rutin. Dan tahun depan Konreg PDRB-ISE 2024 bakal digelar di Jambi kemudian 2025 di Sumatera Utara.

Siska Harliana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: