Iklan dempo dalam berita

Karomah Abah Guru Sekumpul dan Kiai Abbas Buntet, Pesawat Jatuh Hanya Dilempar Tasbih

Karomah Abah Guru Sekumpul dan Kiai Abbas Buntet, Pesawat Jatuh Hanya Dilempar Tasbih

Abah sekumpul--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA. COM – Ini informasi bermanfaat buat kita semua. Terdapat beberapa kisah kiai sepuh yang dikenal dengan karomahnya yang luar biasa. 

Diantaranya yakni Abah Guru Sekumpul yang memiliki nama asli Muhammad Zaini bin Abdul Ghani. Guru Sekumpul adalah seorang ulama besar, berpengaruh dan karismatik dari Tanah Martapura. Saking kharismatiknya beliau, hampir semua masyarakat yang ada di Martapura pasti memajang foto beliau di rumahnya masing-masing.

BACA JUGA:Ketika Hati dan Pikiran Menjadi Sempit karena Masalah, Perbanyak Baca Sholawat Syifa’

Sebagai ulama besar, Guru Sekumpul juga dikenal dengan berbagai kesaktian dan karomahnya. Bahkan karomahnya tersebut ditulis dalam sebuah buku yang berjudul “100 Karomah dan Kemuliaan Abah Guru Sekumpul.” Diantara karomah beliau adalah mengetahui hajat seseorang yang mendatanginya sebelum orang tersebut menyampaikan maksud kedatangannya.

Dikisahkan pada suatu hari ada seorang Habib dari Pasuruan bernama Habib Maksum yang ingin bertabarruk dan meminta hajat kepada Guru Zaini. Di perjalanan, Habib Maksum berkata: “Jika Guru Zaini adalah salah satu dari Wali Allah, maka seluruh hutangku yang berjumlah 21 juta akan lunas.”

Singkat cerita sampailah Sang Habib di tempat tinggal Guru Zaini, beliau menyambut sang habib dengan ramah dan dengan penuh penghormatan. Dipersilahkanlah bagi Habib untuk berduduk bersama Guru Zaini. Mereka berdua saling bercakap-cakap mengenai berbagai hal. Nah, tiba-tiba saat mereka masih mengobrol datanglah seseorang dari luar yang memberikan uang cek kepada Abah Sekumpul.

Tanpa basa-basi Abah Sekumpul langsung memberikan cek tersebut kepada Habib Maksum tanpa melihat terlebih dahulu berapa jumlah uang yang ada di cek tersebut. Kemudian Abah Sekumpul berkata: “Ini untuk melunasi hutang Habib.”

Betapa terkejut Sang Habib dengan peristiwa ini, karena ternyata jumlah uang yang terdapat di cek tersebut adalah Rp 21 juta, persis dengan jumlah hutang sang Habib. Padahal sejatinya Sang Habib belum menyampaikan hajatnya terlebih dahulu, tapi Abah Zaini sudah memberikan apa yang dia harapkan sebelumnya.

BACA JUGA:Sholawat Fatih, Baca Setelah Sholat Fardhu InsyaAllah Diselamatkan dari Api Neraka

Sementara itu, selain Abah Guru Sekumul, ada beberapa kiai sepuh yang dihormati sampai sekarang. Istilahnya Kiai Sepuh Nusantara, mengacu pada para kiai, ulama atau guru agama Islam yang telah mencapai tingkat kebijaksanaan, pengalaman, dan pengetahuan yang tinggi dalam dunia keagamaan.

Sepuh dalam bahasa Indonesia berarti tua, dan dalam konteks ini, merujuk pada orang-orang yang telah mengabdikan sebagian besar hidup mereka untuk studi agama, pengajaran, dan pelayanan kepada masyarakat.

Para kiai sepuh adalah figur yang sangat dihormati dalam masyarakat karena pengetahuan mereka tentang agama Islam dan kebijaksanaan dalam memberikan nasihat dan bimbingan spiritual.

Mereka sering dianggap sebagai tokoh spiritual dan pemimpin komunitas di daerah mereka. Kiai sepuh Nusantara memiliki peran penting dalam menjaga tradisi keagamaan, nilai-nilai budaya, dan warisan lokal di masyarakat Indonesia.

Membaca kisah-kisah karomah kiai sepuh bisa menjadi sarana untuk meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT, Zat yang mengkaruniakan karomah tersebut. Berikut beberapa kiai sepuh dan karomahnya:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: