Iklan dempo dalam berita

Motor Listrik Keno Tilang? Kini Dak Lagi Sanak

Motor Listrik Keno Tilang? Kini Dak Lagi Sanak

--

RbtvCamkoha - Beberapa waktu lalu publik Bengkulu sempat dihebohkan dengan ditilangnya sejumlah pengendara sepeda listrik (sellis) yang masuk ke area jalan raya. Hal serupa juga terjadi di beberapa wilayah lainnya di Indonesia.

Tapi hal ini tidak akan terulang lagi, karena sudah ada regulasi khusus yang mengatur dan memayungi ketentuan penggunaan motor listrik, untuk bisa digunakan di jalan raya sebagaimana kendaraan konvensional (berbahan bakar minyak) pada umumnya.

Hal ini pasca diterbitkannya Instruksi Presiden (inpres) nomor 7 tahun 2022 Tentang Penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai, sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah. Ringkasnya kendaraan listrik termasuk motor listrik juga diperlakukan sebagaimana kendaraan pada umumnya. 

Bahkan secara khusus dalam inpres tersebut, pemerintah pusat meminta pemerintah di daerah untuk memberikan dukungan bagi percepatan terbentuknya iklim kendaraan listrik yakni terkait sarana penunjang dan ketentuan di daerah. Seperti SPKLU, penerapan pajak nol (0) persen seperti yang sudah diterapkan di DKI Jakarta, mewajibkan setiap instansi pemerintah untuk menyiapkan satu tempat khusus untuk pengisian daya baterai motor listrik, hingga mendorong pihak-pihak swasta untuk melakukan dukungan serupa.

Sayangnya untuk 4 point diatas, sepertinya belum dilakukan oleh pemerintah daerah di Bengkulu baik itu di provinsi maupun kabupaten dan kota.

Nah kembali soal pemakaian motor listrik di jalan raya, kendaraan listrik yang Anda miliki (sepeda motor listrik) akan mendapatkan nopol (plat) seperti kendaraan berbahan bakar minyak. Namun akan ada satu perbedaan kecil, yakni adanya garis warna biru dibagian bawah plat nopol, yang menandakan jika kendaraan Anda merupakan kendaraan listrik.

Lalu untuk warga Bengkulu dimana bisa mendapatkan sepeda motor listrik? Layanan servis? Sparepart? Bisa nyicil tidak? Tenang, semuanya sudah bisa didapatkan dalam waktu dekat. Saat ini sudah ada satu brand sepeda listrik ternama di dunia, yang tengah mempersiapkan dealership khusus di kawasan jalan Soeprapto dan KM 6,5. Namun untuk tahap awal, showrom akan dibuka dalam waktu dekat ini di kawasan Soeprapto. Tidak hanya penjualan, showroom ini juga menyiapkan layanan servis, penjualan sparepart bahkan swap engine dari motor berbahan bakar minyak menjadi motor listrik.

 

(Prio Susanto)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: