Iklan dempo dalam berita

Suku Kikuyu dan Tarian Pengantar Santet, Anggap Dukun Adalah Peramal Masa Depan

Suku Kikuyu dan Tarian Pengantar Santet, Anggap Dukun Adalah Peramal Masa Depan

Suku Kikuyu dengan tarian dan dukunnya--

Pada abad ke-19, terjadi invasi dari pasukan negara-negara Eropa dan masuknya pedagang Arab. Hal tersebut membuat suku Kikuyu mulai mengenal senjata api dari Eropa. Namun suku Kikiyu tidak terlalu banyak bahkan tidak tertarik untuk menjalin hubungan perdagangan jangka panjang dengan pedagang Arab.

Suku Kikuyu tidak memiliki kepala suku namun dibagi kedalam beberapa klan dan sub-klan. Klan terbesar adalah Mbari, yang terdiri dari laki-laki dengan usia senior.

Suku Kikuyu umumnya adalah seorang pemburu dan petani. Mereka memanfaatkan kemampuan bertani dan cocok tanam untuk kebutuhan hidup juga diperdagangkan. Hasil pertanian suku Kikuyu seperti kopi, jagung, buah-buahan dan sayuran. Selain itu juga kacang polong, ubi jalar, buncis dan sorgum.

BACA JUGA:Keyakinan Suku Sironi yang Unik, Dengan Makan Kutu di Rambut Bisa Begini Begitu Selama 6 Jam

Orang suku Kikuyu juga memiliki keahlian dalam pembuatan tembikar dan peleburan besi.

Orang suku Kikuyu mulai banyak pindah ke kota sehingga terlibat dalam berbagai jenis bisnis dan organisasi. Pada tahun 1924 didirikan Asosiasi Pusat Kikuyu (KCA) yang dipelopori seorang bernama Jomo Kenyatta, untuk memperjuangkan agenda nasionalis di Kenya.

Terjadi pemberontakan pada tahun 1952 dan 1960 dengan tujuan melakukan pemindahan kriman kulit putih dari bekas wilayah Kikuyu. Pembrontakan ini menyebabkan 13000 orang Afrika kehilangan nyawanya. 80.000 orang suku Kikuyu ditempatkan dalam camp penahanan.

Jomo Kenyatta pendiri KCA diangkat sebagai Perdana Menteri Kenya pada tahun 1963. Pada tahun 1964 diangkat menjadi Presiden Kenya.

Pada tahun 2014 diperkirakan terdapat sekitar 9 juta orang lebih suku Kikuyu. Jumlah tersebut adalah sekitar 22 persen dari total penduduk di Kenya.

BACA JUGA:Sebelum Menikah Seorang Gadis Harus Begini Begitu dengan Minimal 20 Pria, Tradisi Unik Suku di Dunia

 

Ini Bahasa Suku Kikuyu

 

Suku Kikuyu berkomunikasi bahasa yang termasuk kedalam rumpun bahasa Bantu. Bahasa Bantu juga digunakan masyarakat lainnya di daerah Afrika Timur khususnya Chuka, Kamba, Meru, dan Embu.

Terdapat beberapa dialek dalam bahasa Kikuyu yaitu Kirinyaga, Murang’a, Nyeri dan Kiambu. Dialek ini banyak dituturkan berdasarkan batas tradisional di distrik Provinsi Central.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: