Iklan dempo dalam berita

Prakiraan Cuaca Bulan September, Oktober, November dan Desember 2023, Sudah Hujan atau Masih Kemarau?

Prakiraan Cuaca Bulan September, Oktober, November dan Desember 2023, Sudah Hujan atau Masih Kemarau?

Gambar ilustrasi prakiraan cuaca Bulan September--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Saat ini beberapa wilayah di Indonesia masih kering karena kemarau dan El Nino. Namun Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan, di beberapa wilayah akan hujan kisaran rendah hingga menengah bulan September hingga November 2023.

Fenomena El Nino tiba sejak Juni dan terus menguat belakangan. Menurut data terbaru BMKG, El Nino kini sudah mencapai level moderat, dengan Southern Oscillation Index (SOI) mencapai -9,5, dan Indeks NINO 3.4 +1.27.

BMKG menyebut dampak El Nino di Indonesia umumnya terasa kuat pada musim kemarau di Juli-Agustus-September-Oktober.

“Karena itu, kita perlu meningkatkan kewaspadaan pada bulan-bulan tersebut. Terlebih lagi, ada banyak wilayah di Indonesia yang akan memasuki puncak musim kemarau pada bulan-bulan tersebut," menurut keterangan BMKG.

BACA JUGA:Waspada! Dampak El Nino September 2023, Produksi Beras dan Kelapa Sawit Bisa Anjlok

Lembaga ini pun memprediksi beberapa wilayah akan mengalami curah hujan bulanan dengan kategori rendah (0 - 100 mm/bulan), utamanya pada Agustus - September - Oktober.

Wilayah-wilayah 'kering' itu antara lain Sumatera bagian tengah hingga selatan, pulau Jawa, Bali hingga Nusa Tenggara, Kalimantan bagian selatan, sebagian besar Sulawesi, sebagian Maluku Utara, sebagian Maluku dan Papua bagian selatan.

Meski begitu, BMKG menyebut hujan akan berangsur turun seiring dengan siklus El Nino. Berikut kronologi hujan per bulannya:

BACA JUGA:Data BMKG Wilayah Ini Kekeringan, Diantaranya Sumbar, Sumsel, Riau, Bengkulu dan Lampung

 

1. Prakiraan September

 

BMKG, dalam buletin hujan bulanan yang dirilis pada Agustus, memprediksi pada September hingga November 2023 wilayah Indonesia umumnya mengalami curah hujan kategori rendah hingga menengah.

Bulan depan, 53,73 persen wilayah Indonesia diprakirakan mengalami curah hujan kategori rendah (curah hujan berada di kisaran 0-100 mm/bulan).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: