Iklan dempo dalam berita

Sempat Diwarnai Aksi Lempar Batu, ASN Puskesmas Menang Pilkades Embong Ijuk

Sempat Diwarnai Aksi Lempar Batu, ASN Puskesmas Menang Pilkades Embong Ijuk

Pilkades Embong Ijuk Kepahiang Sempat Ricuh--

RbtvCamkoha - Setelah sempat ricuh lantaran salah seorang pendukung calon yang tak bisa menggunakan hak suara, Pilkades PAW Embong Ijuk kecamatan Bermani Ilir Kepahiang akhirnya menetapkan calon nomor urut 2 Dina Haryanti menang telak pada Pilkades Embong Ijuk, Selasa Pagi (13/12). 

Dina Haryanti yang merupakan ASN Puskesmas tersebut berhasil unggul dengan raihan 416 suara atas lawannya Damsir dengan raihan 131 suara. 

Pada pilkades ini, sempat terjadi aksi lempar batu yang memantik kericuhan sehingga salah seorang warga berlumur darah akibat terkena lemparan batu, yang disebabkan oleh salah satu pendukung yang tak bisa menggunakan hak suara. Meskipun sudah ada kesepakatan sebelumnya dan ada kelebihan surat suara sebagai cadangan warga yang belum mengeluarkan hak suara. 

Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Kepahiang, Iwan Zamzam Kurniawan mengatakan bahwa dalam proses pilkades PAW tersebut memang hanya dilakukan oleh perwakilan kepala keluarga. Namun sudah ada kesepakatan antar calon bagi yang masih terdaftar KK Embong Ijuk tetap bisa menggunakan hak suara. 

"Proses pemilihan sempat terhenti karena kericuhan, namun tetap berjalan setelah aparat TNI dan Polri turun tangan untuk menengahi masyarakat, dan hasil perhitungan calon nomor urut 2 berhasil unggul dari pesaingnya," terang mantan Kabag Pemerintahan Pemkab Kepahiang, Selasa (13/12). 

Pemilihan pergantian antar waktu (PAW) kepala desa Embong Embong Ijuk dilakukan karena kades sebelumnya meninggal dunia beberapa bulan lalu, sehingga berdasarkan peraturan perundang-undangan proses PAW tetap dilakukan dengan jalan pemilihan. Namun hanya dilakukan oleh perwakilan kepala keluarga sehingga tetap berjalan demokratis. 

Nico Relius

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: