Iklan dempo dalam berita

Tanda-tanda Musim Hujan Mulai Terlihat, Ini Prakiraan Turun Hujan Provinsi di Indonesia

Tanda-tanda Musim Hujan Mulai Terlihat, Ini Prakiraan Turun Hujan Provinsi di Indonesia

Tanda akan turun hujan mulai terlihat di sejumlah wilayah--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Alhamdulillah, hujan segera mengguyur seluruh wilayah di Tanah Air. Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), peralihan angin monsoon atau muson Australia menjadi angin muson Asia sebagai penanda datangnya musim hujan di Tanah Air.

Sebagian wilayah Indonesia saat ini masih dilanda kekeringan karena belum diguyur hujan dalam beberapa waktu terakhir.

“Awal musim hujan umumnya berkaitan erat dengan peralihan angin timuran atau angin dari arah Australia atau disebut monsun Australia beralih menjadi angin baratan atau monsun Asia, yaitu angin yang berasal dari arah benua Asia," ujar Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati.

Dwikorita menyebut angin timuran yang membawa udara kering dari Australia saat ini masih berhembus ke wilayah Indonesia. Angin tersebut masih akan bertahan hingga November mendatang, terutama di wilayah bagian selatan Indonesia yang lebih dekat dengan Australia.

BACA JUGA:66 Universitas Akreditasi Unggul dari BAN PT, Diantaranya Unsri, USU, UNP dan Syiah Kuala

Di sisi lain, angin muson baratan yang membawa uap-uap air dari Samudra Pasifik di sekitar Asia datang lebih lambat dari waktu normalnya. Hal ini menyebabkan musim hujan di tanah air datang lebih lambat.

Secara umum, BMKG memperkirakan awal musim hujan akan terjadi pada November. Namun, saat ini ada beberapa wilayah yang sudah memasuki musim hujan, seperti sebagian besar Aceh yang lebih dekat ke arah Asia, sebagian besar Sumatra Utara, sebagian Riau, Sumatra Barat bagian tengah, dan sebagian Kepulauan Riau.

“Jadi awal musim hujan secara umum diprediksi akan terjadi pada bulan November 2023. Namun karena tingginya keragaman iklim di Indonesia menyebabkan awal musim hujan tidak terjadi secara serentak di seluruh wilayah saat ini beberapa zona musim," jelas Dwikorita.

Kemudian, sebagian Sumatra Barat dan Riau bagian selatan juga diperkirakan akan menyusul dengan awal musim hujan pada September.

 

Ini prakiraan awal turun hujan provinsi di Indonesia menurut BMKG:

BACA JUGA:Ternyata Ini Penyebab DANA PayLater Tidak Muncul, Begini Cara Mudah Mengatasinya

 

1. Bulan Oktober 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: