Iklan dempo dalam berita

Mau Beli Mobil Second Khawatir Bekas Banjir, Begini Cara Mudah Memastikannya

Mau Beli Mobil Second Khawatir Bekas Banjir, Begini Cara Mudah Memastikannya

Beberapa komponen mobil bisa menjadi tanda jika pernah terendam banjir--

Sebab, kotoran tersebut asalnya dari air banjir yang masuk ke dalam interior mobil. Coba untuk memeriksa bagian seperti lubang kisi-kisi AC, sudut panel, kabel di belakang dashboard, penutup speaker, sela-sela, serta rel jok mobil.

3. Aroma Tidak Sedap

Jika banjir sudah terlanjur masuk ke dalam kabin mobil, selain akan terlihat ada kotoran, maka ciri-ciri mobil bekas banjir selanjutnya yaitu aroma kabin tidak sedap. Bahkan, aroma ini sulit dihilangkan. Ciri-ciri mobil bekas banjir ini paling mudah dikenali. 

4. Cek Oli Mesin

Biasanya, ciri-ciri mobil bekas banjir, oli yang ada di dalam mesin mobil tersebut akan tercampur dengan air. Coba periksa warna oli mesin, jika warnanya coklat keputihan, bisa menjadi salah satu indikasi air banjir pernah masuk ke dalam mesin.

Tidak hanya warna oli, Anda juga perlu memerhatikan suara dari mesin mobil tersebut. Suara mesin mobil yang belum diperbaiki setelah terkena banjir bisa terdengar lebih kasar serta keras dibandingkan kondisi normalnya.

BACA JUGA:Pakai BPJS Kesehatan Banyak Untungnya, Diantaranya Ada Jaminan Seumur Hidup

5. Karat

Ciri-ciri mobil bekas banjir yang selanjutnya yaitu ada tanda-tanda karat. Coba perhatikan bagian baut yang ada di bagian rem tangan. Apabila bagian tersebut sudah basah atau berkarat, besar kemungkinan jika mobil tersebut sudah pernah terendam banjir. Anda bisa mencoba memeriksanya dengan teliti hingga pada bagian bumper untuk melihat kondisinya lebih jelas. 

6. Cek Riwayat Perawatan Mobil

Coba cek riwayat perawatan dari bengkel. Perkirakan apakah jarak perawatan mobil tersebut berdekatan dengan adanya bencana banjir di lokasi mobil tersebut berada. Jangan lupa juga untuk melakukan cek pada klaim asuransi mobil untuk mengetahui mobil tersebut bekas banjir atau tidak.

BACA JUGA:Belum Punya Mobil Listrik? Berikut Harga Mobil Listrik yang Dijual di Indonesia, Ada di Bawah Rp 200 Juta

7. Cek Asal Mobil

Di Indonesia, ada beberapa titik daerah yang diketahui rawan banjir. Jika sudah begini, maka ada baiknya untuk cek asal mobil tersebut. Jika memang daerah mobil tersebut berada rawan banjir, maka coba pikir dua kali sebelum membeli. 

BACA JUGA:Sudah Top Up tapi Saldo DANA Tidak Masuk? Jangan Panik, Ini Cara Mengatasinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: