Iklan dempo dalam berita

Alamak, Ini Fakta Menarik Kedipan Mata, Ternyata Makin Tua Makin Sering Berkedip

Alamak, Ini Fakta Menarik Kedipan Mata, Ternyata Makin Tua Makin Sering Berkedip

Ada beberapa fakta menarik tentang kedipan mata manusia--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ini informasi menarik bagi kita. Ketahui, kedipan mata merupakan respons yang dilakukan tubuh secara alami. 

Setiap orang memiliki kecepatan yang berbeda-beda dalam berkedip. Secara umum, kebanyakan orang berkedip setiap menit adalah sekitar 15-20 kali.

Mata berkedip memiliki fakta-fakta unik yang mengiringinya. Berikut adalah lima fakta mengenai kedipan mata.

1. Durasi kedipan mata

Rata-rata kebanyakan orang berkedip sekitar 15-20 kali setiap menit dengan setiap kedipan berlangsung antara 0,1 dan 0,4 detik. Berdasarkan hal tersebut, maka jumlah kedipan mata yang mungkin terjadi adalah:

900-1.200 kali per jam, 14.400-19.200 kali sehari, 100.800-134.400 kali seminggu dan 5,2-7,1 juta kali setahun.

BACA JUGA:Mata Manusia Bisa Berkedip 20.000 Kali Sehari, Kenapa Kita Jarang Menyadarinya? Ini Ulasannya

2. Berkedip mengistirahatkan mata

Otak akan beristirahat sementara ketika berkedip. Sebab, otak akan secara aktif menghentikan bagian dari sistem visual setiap kali manusia berkedip, bahkan jika cahaya masih masuk ke mata. 

Hal ini menunjukkan bahwa kedipan mata adalah respons tubuh yang tidak disadari manusia. Sebab itu, manusia tidak terganggu kelopak mata terbuka dan tertutup saat berkedip.

3. Jumlah kedipan meningkat seiring bertambahnya usia 

Ketahui bayi yang baru lahir, berkedip dua kali dalam satu menit. Jumlah kedipan akan meningkat selama masa pertumbuhan. Ketika remaja, manusia berkedip sekitar 15 kali per menit. Jumlah itu tak jauh beda dengan orang dewasa. Artinya makin tua makin sering berkedip.

4. Jumlah kedipan berbeda di setiap aktivitas

Jumlah dan tingkat mata berkedip bergantung aktivitas yang dilakukan. Misalnya ketika menggunakan komputer, kedipan mata akan berkurang sampai 66 persen. Bahkan menatap layar laptop terlalu lama dapat menyebabkan mata kering karena jarang berkedip.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: