Iklan RBTV Dalam Berita

7 Hal Sepele Bikin Tagihan Listrik Rumah Bengkak, Patuhi 5 Cara Menghematnya

7 Hal Sepele Bikin Tagihan Listrik Rumah Bengkak, Patuhi 5 Cara Menghematnya

5 cara agar lebih hemat menggunakan listrik di rumah--

Lampu LED jauh lebih hemat listrik dibandingkan jenis lampu bohlam. Hanya dengan daya 7 Watt, tingkat pencahayaannya setara dengan lampu pijar 50 Watt.

BACA JUGA:Tanam di Pekarangan Rumah, 7 Tanaman Ini Menurut Islam Bisa Mendatangkan Rezeki

2. Lepas kabel dari stop kontak saat tidak digunakan

Kabel yang menancap pada stop kontak akan terus mengalirkan arus listrik meski tidak digunakan. Biasakan mencabut kabel jika sudah tidak digunakan.

3. Hindari menyalakan alat elektronik berlebihan

Kalau mau hemat, jangan biarkan alat elektronik nyala terus-terusan. Misalnya, membiarkan televisi nyala walaupun nggak sedang menonton. Atau, mematikan lampu-lampu saat siang hari dan manfaatkan cahaya alami saja.

4. Bagi waktu untuk mencuci dengan mesin cuci 

Mesin cuci membutuhkan daya listrik besar, apalagi mesin yang memiliki fitur pengering. Jika kamu mencuci pakaian setiap hari karena nggak mau cucian numpuk, tagihan listrik akan membesar. Untuk itu, aturlah mencuci hanya 1 atau 2 kali dalam seminggu.

BACA JUGA:Air Dimasuki Tikus atau Ada Kotoran Cicak Apakah Bisa untuk Berwudhu? Begini Penjelasan Ustadz

5. Pilih barang elektronik yang hemat daya

Agar bisa benar-benar hemat, kamu harus menyempatkan diri memilah setiap barang elektronik yang akan dibeli/digunakan. Lihatlah setiap daya listrik yang diperlukan barang elektronik sebelum membelinya. Cari barang elektronik yang hemat daya (low watt) untuk mengurangi beban tagihan listrik.

Selain itu, kamu juga perlu lebih cermat memilih alat yang digunakan. Misalnya, mengurangi intensitas menggunakan AC pada pagi hari dan sore hari, lalu hanya menyalakan pada siang hari atau malam hari ketika ingin tidur. Atau, daripada mengeringkan pakaian dengan fitur pengering mesin cuci, lebih baik diperas dan dijemur, khususnya untuk pakaian dengan bahan yang cepat kering. Dengan mempertimbangkan hal ini, kamu sudah membantu mengurangi beban pemakaian listrik.

BACA JUGA:Butuh Modal Usaha? Pinjol KoinWorks Resmi OJK Tawarkan Solusi Pendanaan hingga Rp 2 MIliar

6. Bayar tagihan listrik tepat waktu

Tanpa kamu sadari, bayar tagihan listrik tepat waktu bisa menghindarkan kamu dari pengeluaran lebih akibat telat bayar listrik. Soalnya, bukan hanya sambungan listrik di rumah bisa dimatikan secara temporer, melainkan juga ada denda keterlambatan. Hal ini bikin keuanganmu lebih boros kan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: