Iklan dempo dalam berita

Air Galon dan Rebusan Air Keran Mana yang Lebih Sehat Diminum? Ternyata Ini Hasilnya

Air Galon dan Rebusan Air Keran Mana yang Lebih Sehat Diminum? Ternyata Ini Hasilnya

Air Galon dan Rebusan Air Keran Mana yang Lebih Sehat Diminum? Ternyata Ini Hasilnya--

BACA JUGA:Jangan Sampai Menjadi Dosa, Begini Tuntunan Berdandan Seorang Muslimah

1. Air galon

Bila ingin pakai air galon, Anda hanya boleh membeli air dari merek yang telah terdaftar di BPOM dan terstandarisasi sesuai SNI. Pastikan juga galon belum kedaluwarsa dan dijauhkan dari paparan sinar matahari.

2. Air rebusan keran

Jika Anda merasa rebusan air keran merupakan pilihan yang lebih baik daripada air galon, uji dulu kualitasnya dengan membawa sampel air ke laboratorium dinas kesehatan setempat. 

Setelah air keran dinyatakan aman, pastikan Anda sudah menyaring atau memfilter air keran terlebih dahulu sebelum merebusnya sampai matang.

BACA JUGA:Wanita Islam Seharusnya Tahu, Mereka Berdandan hanya Untuk 3 Orang Ini

Hal ini agar menurunkan risiko gangguan kesehatan kontaminasi air. 

Minum Air Kemasan atau Masak Sendiri

Ketika mengonsumsi air putih, masyarakat memiliki pilihan masing-masing. Ada yang memilih air putih dari kemasan, namun ada juga yang memilih memasak air sendiri. Pertanyaannya, di antara dua air tersebut mana yang lebih sehat?

Ketua Health Collaborative Center (HCC) dr Ray Wagiu Basrowi mengatakan, konsumsi air putih atau air mineral sebaiknya yang berasal dari sumber yang baik dan tidak tercemar atau kontaminasi. 

BACA JUGA:Kopi Sianida Jesicca Kembali Viral, Ternyata Ada Buah yang Mengandung Sianida Alami

Menurut dia, air putih bersih dan air mineral itu yang sustainable karena diambil langsung dari sumber. Namun menurut Ray, masyarakat mulai sadar dan mereka ikut rekomendasi referensi ilmiah. "Referensi ilmiah adalah air putih baik yang dimasak dari sumber yang terpercaya atau sumber bersih," ujar Ray baru-baru ini.

Dia mengatakan, tidak ada yang mengatakan mana lebih baik antara air masak sendiri atau air kemasan, yang terpenting adalah sumbernya bagus, tidak terkontaminasi, tidak banyak bakteri patogen, dan mudah didapat. "Ini harus jadi pilihan dominan dan bukan minuman manis, minuman tinggi gula, dan bersoda," ujarnya.

BACA JUGA:Jangan Dimakan, Ikan Berikut Mengandung Racun yang Berbahaya Bagi Manusia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: