Iklan dempo dalam berita

Selain pH Tinggi, Ini Kriteria Air Minum yang Sehat dan Layak Konsumsi

Selain pH Tinggi, Ini Kriteria Air Minum yang Sehat dan Layak Konsumsi

Simak kriteria air sehat dan layak konsumsi berikut ini. --

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Air memang memiliki peran penting dalam kehidupan, namun tidak semuanya bisa dikonsumsi. Sebab, ada kriteria yang harus dipenuhi, termasuk pH.

Ini penting dilakukan karena mengonsumsi air yang tidak layak bisa membuat Anda berisiko terkena penyakit, seperti diare, tifus dan kolera.

BACA JUGA:2 Meninggal Dunia, Ini Identitas 6 Korban Kecelakaan Ambulans di Bengkulu Tengah

Lantas, apa saja kriteria air minum yang sehat dan layak konsumsi? Berikut pembahasannya.

Tentunya, kriteria air minum yang sehat dan layak konsumsi di beberapa negara berbeda-beda. Meskipun begitu, menurut WHO dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, air minum layak konsumsi harus memenuhi kriteria sebagai berikut:

BACA JUGA:Ambulans Bawa Pasien Kecelakaan, 1 Orang Meninggal Dunia

1. Tidak memiliki bau, warna, dan rasa

Jadi, kriteria air minum ini dapat dinilai dengan mudah oleh indra manusia. Air yang aman dan layak konsumsi yakni air yang tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak memiliki rasa atau tawar.

Sehingga, Anda perlu menghindari konsumsi air minum yang terlihat tidak jernih atau keruh, berbau tidak sedap, atau terasa aneh.

BACA JUGA:Catat, Ini 4 Hal Penting ketika Memilih Air Minum pH Tinggi, Terdaftar di BPOM Tidak?

Sebab, itu menjadi tanda bahwa air minum tersebut sudah terkontaminasi kuman, bakteri, atau bahan kimia berbahaya yang bisa menimbulkan penyakit.

2. Tidak berada dalam suhu tinggi

Indicator berikutnya yakni suhu, sebab adalah salah satu ukuran penting dalam menentukan apakah air minum tersebut layak konsumsi atau tidak. 

Pasalnya sumber air minum yang terpapar suhu tinggi dapat memicu pertumbuhan mikroorganisme dan membuat air minum tercemar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: