Iklan dempo dalam berita

Demi si Dedek, Wanita Perlu Tahu Pantangan Selama Hamil, Jangan Kebanyakan Ngopi

Demi si Dedek, Wanita Perlu Tahu Pantangan Selama Hamil, Jangan Kebanyakan Ngopi

Beberapa pantangan bagi wanita hamil--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Walaupun bersyukur karena hamil, namun periode kehamilan bukan lah hal yang mudah bagi seorang wanita. Kelelahan dan berbagai hal lainnya akan dihadapi dalam periode kehamilan ini.

Dalam periode kehamilan, seorang wanita rentan mengalami gangguan kesehatan yang dapat berdampak kurang baik bagi dirinya maupun janin. Karenanya salah satu hal yang bisa dilakukan ibu hamil untuk menjaga pertahanan tubuhnya adalah dengan menjauhi berbagai pantangan ibu hamil. 

Lantas, apa saja pantangan ibu hamil yang perlu dihindari tersebut? Mari simak informasi selengkapnya dalam ulasan berikut ini. 

BACA JUGA:Hanya Pakai Bahan Ini, Sekali Guyur Karat dan Lumut Toren Air Langsung Kinclong

Pantangan Ibu Hamil yang Harus Dihindari 

Ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang serta menjalani pola hidup sehat guna menyokong perkembangan janin. Selain itu, ada pula sejumlah pantangan yang perlu dihindari oleh ibu hamil agar tidak mengganggu kesehatan tubuh maupun janin di dalam kandungan, seperti melakukan aktivitas fisik berat, mengonsumsi kafein berlebihan, merokok, dan lain-lain. 

1. Melakukan Aktivitas Fisik yang Berat 

Melakukan aktivitas fisik atau olahraga yang berat merupakan pantangan ibu hamil trimester 3 karena berisiko menyebabkan cedera pada perut dan kontraksi dini. Kendati demikian, ibu hamil tetap diperkenankan untuk melakukan olahraga ringan, seperti senam ibu hamil, jalan pagi, atau yoga. 

BACA JUGA:Idap Anemia Aplastik, Remaja Putri Butuh Bantuan Operasi Pencangkokan Sumsum Tulang Belakang

2. Mengonsumsi Kafein Berlebih 

Kafein dapat diserap dengan mudah oleh plasenta yang mengalirkan darah ke janin. Bila plasenta menyerap kafein berlebih, hal tersebut dapat menghambat proses tumbuh kembangnya janin di dalam kandungan. 

Maka dari itu, ada baiknya bagi ibu hamil untuk membatasi asupan kafein sehari-hari. Batas konsumsi kafein harian yang aman untuk ibu hamil adalah 200 Mg atau setara dengan satu cangkir kopi instan. 

3. Merokok 

Merokok adalah kebiasaan buruk yang menjadi pantangan ibu hamil berikutnya. Rokok mengandung nikotin yang berbahaya bagi ibu hamil karena memicu ketuban pecah dini hingga keguguran. Selain itu, kebiasaan merokok pada ibu hamil juga turut menyebabkan infeksi dan cacat janin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: