Iklan dempo dalam berita

Dianggap Tidak Berguna, Begini Manfaat Lumut untuk Kesehatan dan Lingkungan

Dianggap Tidak Berguna, Begini Manfaat Lumut untuk Kesehatan dan Lingkungan

Lumut memiliki manfaat untuk kesehatan dan lingkungan--

Lumut memiliki sifat yang baik yaitu bisa dijadikan sebagai antibakteri. Sifat inilah yang digunakan oleh dunia medis untuk mengobati beberapa penyakit mata.

BACA JUGA:Tidak Banyak yang Tahu, Asal Usul Bakwan hingga jadi Kuliner yang Disukai di Indonesia

3. Untuk obat hepatitis

Tidak hanya bagi mata, penyakit yang menyerang hati seperti hepatitis juga bisa diobati dengan obat yang terbuat dari lumut jenis marchantia polymorpha.

4. Sebagai obat antiseptik

Lumut juga di gunakan sebagai zat antiseptik yang membantu membunuh kuman-kuman. Zat antiseptik sering jumpai dalam pembuatan sabun-sabun kesehatan dan juga obat kumur pembersih mulut. Untuk membuat zat antiseptik di butuhkan lumut berjenis frullania tamaricis. 

5. Obat penyakit jantung

Bagi yang memiliki penyakit jantung tentu akrab dengan obat-obat untuk mengatasi jantung. Tahukan bahwa salah satunya terbuat dari lumut. Lebih tepatnya adalah lumut cratoneuron yang bisa di buat menjadi obat menormalkan detak jantung.

BACA JUGA:Mengulik Keistimewaan Weton Sabtu Wage, Rezeki hingga Asmara Aman

6. Obat pneumonia

Lumut memang berperan penting dalam dunia medis. Tidak hanya mata, kulit, hati, hingga jantung. Lumut juga bermanfaat dalam pembuatan obat untuk penyakit pneumonia.

7. Mengobati luka bakar dan luka luar

Anda pernah mengalami luka bakar atau luka luar akibat terjatuh atau tergores benda tajam? Bagi orang China dahulu ketika mengalami hal serupa, mereka menggunakan lumut untuk mengatasinya.

Kini dunia medis menciptakannya lebih steril, sifat antiseptik pada lumut jenis canocphalum di gunakan untuk mengatasi obat luka bakar dan luka luar. 

8. Zat anti kanker

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: