Iklan dempo dalam berita

Dianggap Tidak Berguna, Begini Manfaat Lumut untuk Kesehatan dan Lingkungan

Dianggap Tidak Berguna, Begini Manfaat Lumut untuk Kesehatan dan Lingkungan

Lumut memiliki manfaat untuk kesehatan dan lingkungan--

Sifat antibakteri pada lumut di percaya juga menjadi anti sel-sel kanker. Pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh bisa dicegah dengan obat yang terbuat dari lumut.

BACA JUGA:Kayu Ini Dipercaya Bahan Baku Kapal Nabi Nuh, Ada Tumbuh di Kalimantan

9. Sebagai obat anti jamur

Jamur memang sering menyerang kulit terluar kita. Biasanya juga jamur menyerang kulit bagian-bagian lipatan kulit seperti leher, kaki, hingga daerah paha. Saat ini telah banyak obat jamur yang juga terbuat dari lumut.

10. Dijadikan obat bius

Obat bius sangat dibutuhkan dalam dunia medis, terutama untuk kepentingan operasi. Obat bius yang digunakan oleh medis terbuat juga dari lumut dengan jenis rhodobryum giganteum.

11. Obat Hipertensi

Jenis lumut hati selain digunakan untuk obat bius juga digunakan sebagai pembuatan  obat darah tinggi. Sifat penenang pada lumut bisa di jadikan obat untuk mengontrol tekanan darah.

12. Mengatasi bisa ular

Lumut juga dapat menghilangkan racun yang disebabkan oleh bisa ular yang menggigit kita. Lumut yang digunakan adalah lumut jenis marchantia polymorpha.

BACA JUGA:Surga Itu Impian Semua Orang, Ini Ada 7 Benda Berasal dari Surga, Diantaranya Ada di Indonesia

Manfaat Tumbuhan Lumut untuk Fungsi Ekologis

Tumbuhan ini memegang peranan penting dalam ekosistem. Sifat perintisnya menjadi pembuka ruang untuk ditumbuhi tanaman-tanaman lainnya. Bagi manusia sifat yang dimiliki oleh tumbuhan ini sangat bermanfaat dalam menjaga keseimbangan lingkungan.

Tumbuhan lumut yang lebat di alas-alas dan pohon-pohon di hutan sangat bermanfaat bagi kehidupan makhluk sekitar. Tidak hanya untuk tumbuhan lain, namun juga untuk manusia.

Kegunaan tumbuhan lumut bagi lingkungan kita adalah:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: