Iklan dempo dalam berita

Musim Kemarau Banyak Kebakaran, Perhatikan Masalah Kelistrikan Berikut Ini di Rumah Anda

Musim Kemarau Banyak Kebakaran, Perhatikan Masalah Kelistrikan Berikut Ini di Rumah Anda

Perhatikan masalah kelistrikan berikut agar rumah tidak terbakar--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Sering kita mendengar rumah atau gedung yang terbakar karena korsleting listrik atau hubungan arus pendek. Hal ini terjadi tentu saja karena kita sendiri yang sering abai.

Korsleting listrik atau hubungan pendek merupakan suatu hubungan dengan tahanan listrik yang sangat kecil yang mengakibatkan aliran listrik yang sangat besar. Kalau tidak ditangani bisa mengakibatkan ledakan dan kebakaran. 

Penyebab terjadinya korsleting listrik cukup beragam. Penyebab paling sering adalah kelalaian manusia yaitu menyambungkan kabel tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku–penumpukan beban yang berlebihan. 

Selain itu bisa jadi karena kabel listrik mengelupas dan menyebabkan saluran bertegangan menempel ke saluran netral.

BACA JUGA:Ada Dalam Al Quran, Buah Ini Terlarang Bagi Seluruh Umat Islam

Jika ingin terhindari dari risiko kebakaran, artinya ada sejumlah prosedur yang harus kita lakukan. Tidak hanya sekadar memasang jaringan listrik di rumah, demi menghemat biaya namun akhirnya berisiko terjadi korsleting listrik.

Berikut ada beberapa cara yang bisa dilakukan demi terhindar dari risiko kebakaran yang disebabkan arus pendek listrik.

1. Jangan mengotak-atik atau menyambung langsung (bypass) peralatan pengaman baik sekring maupun Mini Circuit Breaker (MCB).

2. Jangan menumpuk steker secara berlebihan. Karena, apabila kamu menumpuk steker tersebut dalam satu terminal listrik, maka dikhawatirkan akan menimbulkan suatu kondisi panas yang berasal dari aliran listrik, lalu panas tersebut justru akan terperangkap, dan tentunya akan menyebabkan korsleting listrik.

BACA JUGA:Bukan Pemanis Permainan Belaka, Ini 8 Hero Wanita di Mobile Legends yang Bisa Push Rank Mythic

3. Gunakan peralatan listrik yang berkualitas (berlambang SNI atau LMK). Jangan terlena harga murah yang ternyata berkualitas rendah. Gunakan berbagai peralatan listrik, baik seperti kabel-kabel, stop kontak, sakelar, steker, dan berbagai peralatan yang membutuhkan daya listrik agar dapat beroperasi, yang tentunya harus memiliki label Standar Nasional Indonesia (SNI), Standar PLN (SPLN), atau standar dari Lembaga Masalah Kelistrikan (LMK).

4. Jangan biarkan tusuk kontak peralatan seperti TV,  menetap pada stop kontak pada waktu yang lama. Dengan banyaknya peralatan yang memerlukan listrik dalam satu rumah, maka dapat menyebabkan beban listrik menjadi terlalu berat. Hal tersebut dapat menyebabkan sekring menjadi naik turun dan akhirnya memutus aliran listrik tersebut.

5. Hindari menggunakan tusuk kontak terlalu longgar.

BACA JUGA:Disebutkan Dalam Al Quran, 7 Tanaman Ini Memiliki Banyak Manfaat dan Dipercaya Mempermudah Rezeki

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: