Iklan dempo dalam berita

Perhatikan 5 Penyebab Oli Motor Cepat Habis, Sepele Namun Banyak yang Tidak Tahu

Perhatikan 5 Penyebab Oli Motor Cepat Habis, Sepele Namun Banyak yang Tidak Tahu

Perhatikan 5 Penyebab Oli Motor Cepat Habis, Sepele Namun Banyak yang Tidak Tahu--

BACA JUGA:AHM Luncurkan Sepeda Motor Listrik Honda EM1 e:, Yuk Intip Harganya

Hal yang harus diperhatikan :

• Ada baiknya bila ingin mengisi oli, melihat buku pedoman terlebih dahulu untuk mengetahui jenis oli yang dibutuhkan oleh mesin motor anda.

4. Piston Dan Ring Piston Aus

Oli yang cepat habis bisa disebabkan oleh kerusakan pada ring piston. Komponen ini terletak di dalam mesin dan bisa mengalami kerusakan seperti tergores, aus, dan kotor. Kerapatan ring piston berfungsi untuk mencegah terlalu banyaknya campuran bahan bakar udara yang masuk ke ruang oli. Bila ring piston aus, maka ring piston akan menjadi kendur dan udara akan masuk ke ruang oli, dan menyebabkan turunnya tekanan kompresi mesin. Hal ini juga akan menyebabkan motor mengeluarkan asap yang cukup banyak dan pastinya tidak ramah lingkungan yang menyebabkan oli tersebut terbakar dan oli menjadi lebih cepet habis.

Solusi untuk ring piston rusak :

• Jika ring piston rusak, satu – satunya solusi yang dapat dilakukan adalah overhaul. Masalah ini bisa dihindari dengan cara melakukan perawatan yang rutin, khususnya yang terkait dengan oli mesin dan sistem pendinginan mesin (air radiator). Oli perlu diperiksa dan diganti secara rutin, dan jangan lupa menggunakan oli yang sesuai dengan tipe motor yang digunakan.

5. Pemakaian Motor Yang Tidak Normal

Mengendarai motor dengan ugal – ugalan bisa menyebabkan oli cepat habis. Mengendarai motor dengan full to full atau yang orang biasa sebut dengan gaspoll mentok terus, penggunaan throttle yang tidak beraturan , dan stop go juga bisa membuat oli menguap dan berkurang. Hal ini disebabkan oleh penggunaan motor yang kasar bisa membuat mesin menjadi cepat panas dan membuat oli cepat menguap.

Semoga bermanfaat.

(Tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: