Iklan dempo dalam berita

Pilih Batu Bata atau Batako untuk Bangunan? Begini Perbandingan Keduanya

Pilih Batu Bata atau Batako untuk Bangunan? Begini Perbandingan Keduanya

Perbandingan batu bata dan batako untuk bangunan--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Saat Anda memutuskan akan membangun rumah, ada banyak hal yang harus diperhatikan. Karena membangun rumah bukan lah hal mudah, butuh biaya besar dan waktu yang cukup lama.

Karenanya harus diperhatikan banyak hal agar tidak menyesal akhirnya. Diantara yang harus diperhatikan yakni bahan material.

Anda dapat menggunakan berbagai material seperti batu bata, dinding beton bertulang, batako, selkon, dan sebagainya. Dari jenis tersebut, ada dua bahan yang sering dan umum digunakan untuk dinding yakni batu bata dan batako. 

Berikut ini kelebihan dan kelemahan kedua bahan material tersebut dalam penggunaannya.

BACA JUGA:Hati-hati Oli Palsu, Begini Cara Cek Keaslian Oli dan Dampak Menggunakan Oli Palsu

1. Bahan Baku

Bata merah dibuat dengan tanah liat khusus yang dicetak kemudian dibakar dalam suhu tinggi. Cetakan batu bata memiliki ukuran yang kecil sehingga dibutuhkan ratusan bata merah untuk membangun sebuah dinding.

Batako terbuat dari campuran pasir kasar dan semen. Berbeda dengan batu batu, setelah bahan tercampur batako hanya perlu dikeringkan di tempat terbuka dan terhindar dari panas matahari langsung.

2. Ukuran

Bata merah memiliki ukuran kecil. Dipasaran batu bata memiliki ukuran sekitar 3 cm-5 cm, ukuran lebar 7 cm-11 cm, dengan panjang bata antara 17 cm-22 cm.

Batako memiliki ukuran yang lebih besar. Ukuran rata-rata batako dipasaran memiliki ukuran tebal 8 cm sampai dengan 10 cm, panjang 36 cm sampai 40 cm, dan memiliki tinggi 18 cm sampai 20 cm.

BACA JUGA:Bocah Desa Pondok Kelapa Hanyut di Muara Sungai Lemau

3. Harga

Harga batu bata merah lebih murah dibanding harga batako. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: