Iklan dempo dalam berita

7 Makanan dan Minuman yang Membuat Panjang Umur, 2 Diantaranya Rempah Dapur

7 Makanan dan Minuman yang Membuat Panjang Umur, 2 Diantaranya Rempah Dapur

7 makanan dan minuman yang bisa membuat panjang umur--

2. Kunyit

Menurut dr. Vinjamoori, kunyit adalah bahan makanan yang mengandung kurkumin, yakni senyawa bioaktif dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat. Efek anti-inflamasi yang dihasilkan kurkumin dapat mengurangi peradangan kronis yang umumnya terjadi saat penuaan.

Selain itu, menurut hasil studi yang dipublikasikan Cells pada 2022, kurkumin disebut dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

BACA JUGA:Keseringan Ngutang Sih, 5 Tanggal Lahir Ini Terlilit Tali Kemiskinan di Masa Tuanya

3. Minyak Zaitun

Sebuah studi dalam Journal of American College of Cardiology menemukan bahwa orang yang mengonsumsi lebih dari setengah sendok makan minyak zaitun per hari 19 persen lebih rendah mengalami risiko kematian.

Menurut studi yang sama, para individu yang mengonsumsi minyak zaitun memiliki risiko 29 persen lebih rendah untuk meninggal akibat penyakit neurodegeneratif, 19 persen lebih rendah menderita penyakit jantung, dan 17 persen lebih rendah meninggal akibat kanker.

Zaitun sendiri disebutkan tujuh kali dalam Al-Qur'an. Hal ini menunjukkan betapa penting buah tersebut dalam sejarah perkembangan Islam.

Dalam Surat Al Mu'minun ayat 20, Al-Quran memberitahu tentang buah-buahan yang harus dimakan, dan berbicara tentang pohon zaitun yang tumbuh di Gunung Sinai yang menyediakan minyak dan bumbu untuk dimakan.

4. Teh Hijau

Vinjamoori mengatakan bahwa teh hijau memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan anti-kanker yang baik untuk manusia.

Sebuah studi pada 2022 menemukan bahwa quercetin yang terkandung di dalam teh hijau dapat menghilangkan sel senescence, yakni sel yang mampu menurunkan fungsi-fungsi fisik sehingga dapat berkontribusi untuk menunda proses penuaan.

BACA JUGA:Tak Tanggung-tanggung, 16 Tanggal Lahir Ini Bakal Raup Cuan Akhir Oktober, Dia Punya Mental Baja

Menurut dr. Vinjamoori, quercetin dapat mengaktifkan gen SIRT1, yaitu gen yang berperan penting untuk umur panjang dan pembatasan kalori, meningkatkan kemampuan tubuh untuk memperbaiki DNA, dan berpotensi memperlambat proses penuaan.

5. Bawang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: