Iklan dempo dalam berita

14 Ide Bisnis Buat Kamu yang Masih Kuliah, Ada yang Tanpa Modal Bisa Nutupin Bayar Kost Bulanan

14 Ide Bisnis Buat Kamu yang Masih Kuliah, Ada yang Tanpa Modal Bisa Nutupin Bayar Kost Bulanan

14 Ide Bisnis Buat Kamu yang Masih Kuliah, Ada yang Tanpa Modal Bisa Nutupin Bayar Kost Bulanan--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Sebagai mahasiswa, Anda dituntut untuk dapat melatih diri menjadi seseorang yang mandiri, termasuk belajar mandiri dalam bidang finansial. Oleh karena itu, masa-masa kuliah bukan hanya dapat digunakan untuk mempersiapkan diri menghadapi tantangan masa depan, melainkan dapat dimanfaatkan juga untuk memulai bisnis.

Bisnis yang dijalankan mahasiswa dapat bermanfaat sebagai penambah uang saku sekaligus modal dan pengalaman untuk dijadikan pilihan karir setelah lulus dari perguruan tinggi. 

Dengan memiliki bisnis, Anda dapat mandiri secara finansial dan tidak perlu kesulitan mencari pekerjaan setelah resmi melepas status sebagai mahasiswa sekaligus dapat membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain.

BACA JUGA:9 Contoh Usaha dengan Modal Rp10 Jutaan, Dijamin Cepat Balik Modal

1. Bisnis Produk Handmade

Modal: tergantung pada jenis produk yang dibuat, bisa mulai dari Rp100.000 hingga jutaan.

Menawarkan produk handmade adalah bisnis yang cocok untuk mahasiswa dengan mengandalkan keterampilan membuat barang kreatif. Misalnya, teman-teman bisa membuat tas, baju, aksesoris, atau produk kerajinan lainnya.

Mulailah dengan membuat produk handmade yang unik, lalu menjualnya melalui online shop, media sosial, ataupun platform lainnya.

Salah satu rekomendasi usaha kecil menengah ini akan membantu teman-teman mengekspresikan kreativitas, sekaligus menghasilkan cuan untuk tambahan jajan.

BACA JUGA:Punya Modal Nganggur? Ini 8 Ide Usaha Modal Rp20 Jutaan, Pasti Untung Banyak

2. Merawat Hewan

Modal: tidak membutuhkan modal awal yang pasti, tapi perlu menyiapkan dana untuk membeli peralatan dan perlengkapan hewan.

Bagi teman-teman pelajar atau mahasiswa yang memiliki minat dan keahlian dalam merawat hewan peliharaan, pertimbangkanlah bisnis untuk merawat hewan sebagai sumber penghasilan tambahan. 

Bisnis ini menawarkan jasa perawatan seperti mandi, potong kuku, dan perawatan gigi bagi hewan peliharaan. Dengan sedikit modal, teman-teman bisa memulai bisnis ini dan potensial mendapatkan keuntungan yang lumayan jika dikelola dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: