Iklan dempo dalam berita

Repot Terus Membersihkan Tandon Air? Coba Pakai Cat, Dijamin Tidak akan Berlumut

Repot Terus Membersihkan Tandon Air? Coba Pakai Cat, Dijamin Tidak akan Berlumut

Gunakan cat agar tandon air tidak berlumut--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Pertumbuhan lumut pada tangki atau tandon air mengurangi kualitas air yang disimpan di dalamnya. Maka dari itu, penting bagi pemilik rumah mengetahui tips agar tandon air tidak berlumut.

Lumut adalah salah satu masalah yang sering dijumpai pada tangki atau tandon air. Hal itu perlu menjadi perhatian, sebab lumut yang menumpuk dapat menyumbat pemipaan dan memicu warna dan rasa air menjadi tidak sedap.

Biasanya, lumut tersebut ikut keluar karena tandon terkena paparan sinar matahari langsung atau memang air baku yang digunakan kotor.

BACA JUGA:Tandon Air Berlumut Bisa Mendatangkan Penyakit, Ini 7 Cara Mudah Membersihkannya

Tandon air ini harus dikuras agar menghambat pertumbuhan lumut, setidaknya selama 6 bulan sekali. Namun, jika pertumbuhan lumut sangat cepat maka bisa dilakukan 3-4 bulan sekali. 

Lantas, apa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah pertumbuhan lumut di tandon air?

Supaya tandon air kamu tidak berlumut, berikut tipsnya:  

1. Rutin dikuras

Pengurasan tangki air secara rutin dapat menghambat pertumbuhan lumut. Kuras tangki air setidaknya 6 bulan sekali. Apabila lumut tumbuh dengan cepat, tingkatkan frekuensi pengurasan, misalnya jadi 3-4 bulan sekali.

2. Tutup tangki dengan rapat

Biasanya lumut akan tumbuh ketika air terkena sinar matahari. Maka dari itu, kalian perlu pastikan bahwa tangki air tertutup rapat supaya tidak ada sinar matahari yang masuk kedalamnya.

BACA JUGA:Lebih Bagus Tandon Air Stainless atau Plastik Alias Fiber? Begini Perbandingannya

3. Buat pelindung di atas tangki

Selanjtnya, Anda bisa membuat pelindung pada tangki air yang terbuat dari plastik dan berwarna cerah memungkinkan cahaya matahari untuk menembus masuk ke dalam. Untuk menghindarinya, kalian bisa memasang pelindung di bagian atas tangki, misalnya seperti memasang atap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: