Iklan dempo dalam berita

Daripada Keluarga Kena Demam Berdarah, Mending Tanam 9 Tanaman Pengusir Nyamuk Berikut

Daripada Keluarga Kena Demam Berdarah, Mending Tanam 9 Tanaman Pengusir Nyamuk Berikut

9 tanaman untuk mengusir nyamuk--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Selain mengganggu kenyamanan, nyamuk di rumah juga membuat anggota keluarga berisiko mengalami demam berdarah. Karenanya para suami atau istri perlu memperhatikan hal ini. 

Nyamuk menjadi salah satu serangga yang cukup menyebalkan bagi sebagian banyak orang. Karena tidak hanya menyebabkan rasa gatal saja, namun gigitan nyamuk juga dapat mendatangkan berbagai penyakit.

Oleh sebab itu, banyak ditemui berbagai obat yang digunakan untuk membasmi nyamuk di dalam rumah. Mulai dari obat nyamuk semprot hingga bakar.

Namun, ada beberapa cara untuk mengusir nyamuk secara alami tanpa obat-obatan tersebut. Salah satunya yakni melalui penanaman tanaman hias di sekitar rumah. Lantas apa saja sih tanaman yang dapat mengusir nyamuk secara ampuh?

BACA JUGA:Tidak perlu Beli Semprotan, Begini Cara Mengusir Nyamuk dari Rumah, Nyamuk Kabur Keluarga Nyaman

1. Lemon Balm

Lemon balm yang termasuk ke dalam anggota keluarga mint ini memiliki bunga berwarna putih dan aroma lemon yang lembut menenangkan. Salah satu manfaat tanaman hias lemon balm adalah mengusir nyamuk.

Kandungan sitronela yang terdapat dalam lemon balm ini tak disukai oleh nyamuk. Kendati demikian, nektar bunga lemon balm yang indah justru disukai kupu-kupu.

2. Catnip

Tanaman hias catnip mudah ditemukan dan dapat tumbuh subur di mana saja. Catnip mengandung senyawa kimia alami, yaitu nepetalakton yang disukai kucing, namun dibenci nyamuk.

Tanaman hias ini menjadi pengusir nyamuk yang ampuh. Dalam sebuah penelitian Iowa State University, tanaman hias daun catnip diketahui sepuluh kali lebih efektif mengusir nyamuk daripada DEET, bahan kimia yang digunakan pada sebagian besar pengusir serangga.

3. Kemangi

Kemangi atau basil juga merupakan tanaman hias pengusir nyamuk alami. Dalam sebuah studi, minyak esensial dari kemangi ini beracun bagi larva nyamuk.

Tak hanya itu, kemangi juga berfungsi ganda sebagai pengusir hama. Itu karena bau tajam dari daun kemangi inilah yang mencegah hama. Tanaman hias ini menyukai kondisi lembab dan terpapar banyak sinar matahari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: