Iklan dempo dalam berita

Ini Agama Tertua di Dunia, Rupanya Bukan Islam Maupun Kristen yang Jumlah Penganutnya Terbanyak di Dunia

Ini Agama Tertua di Dunia, Rupanya Bukan Islam Maupun Kristen yang Jumlah Penganutnya Terbanyak di Dunia

--

1. Politeisme adalah kepercayaan kepada para dewa atau makhluk yang memiliki nama dan tugas tertentu dalam mengatur hal-hal yang ada di dunia.

BACA JUGA:Begini Karakter Orang yang Memiliki 2 Unyeng atau Pusar Kepala, Mulai dari Nakal hingga Jenius

Dalam kepercayaan politeisme ini, setiap dewa memiliki tugas dan sifat kepribadiannya masing-masing.Seperti misalnya, dewa yang bertugas mengirimkan cahaya dan panas ke bumi. 

Dalam agama mesir kuno, dewa ini dikenal dengan sebutan “Ra”. Sedangkan dalam kepercayaan india kuno, lebih dikenal dengan nama “Surya”. Lalu dalam agama babilonia disebut “Shamas”, dan “Mithra” dalam kepercayaan persia kuno.

Agama dan sistem kepercayaan ini disinyalir berasal dari Hindu yang sudah ada sejak tahun 2500 SM. Selain itu, ada juga yang mengatakan bahwa politeisme merupakan kepercayaan yang berasal dari banyak kebudayaan zaman dulu seperti Mesir, Roma, Asyur, Babilonia, dan Yunani.

BACA JUGA:Kata Ustaz Adi Hidayat, Tolong Baca Dua Surah Ini Saat Sholat, Niscaya Pintu Rezeki Terbuka Lebar

2. Panteisme Ini adalah kepercayaan yang dianut oleh banyak kebudayaan dan peradaban di jaman dulu. Para ahli meyakini bahwa umur panteisme bahkan jauh lebih tua daripada agama Buddha atau Kristen, dan jumlah pengikutnya mencapai ratusan juta orang.

Sekilas, kepercayaan panteisme mirip seperti kepercayaan politeisme namun sebenarnya ada perbedaan mendasar di antara keduanya. 

Panteisme, banyak dikatakan, sebagai kepercayaan yang melebihi politeisme karena sudah mengajarkan prinsip bahwa segala sesuatu adalah Tuhan, dan Tuhan adalah segalanya.

BACA JUGA:Kalau Ada 2 Benda Ini di Dalam Rumah Segera Musnahkan, Kata UAH Bisa Jadi Penghalang Rezeki

Karena itu penganut ajaran ini percaya bahwa pohon, binatang, matahari, dan langit adalah Tuhan. Sedangkan manusia memiliki kedudukan yang sama dengan makhluk lainnya. 

Maka dari itu, manusia harus hidup harmonis dengan mereka, belajar dari mereka, dan fokus pada hubungan antara keduanya.

BACA JUGA:Banyak Yang Belum Tahu, Rumus Agar Rezeki Mengalir Deras Menurut Alquran, Kata UAH Syaratnya Cuma Ini

3. Monoteisme (tauhid) merupakan kepercayaan yang meyakini bahwa Tuhan itu satu (tunggal) dan berkuasa penuh atas segala sesuatu yang ada di dunia. Kepercayaan ini juga dikenal sebagai agama abrahamik karena berasal dari keturunan Abraham atau Ibrahim yang hidup sekitar 2000 SM.

Tuhan dalam Agama Hindu disebut sebagai Brahman dan Sang Hyang Widhi. Selain itu, Pada dasarnya, ketuhanan dalam Agama Hindu adalah kepada Tuhan Yang Esa, tetapi sistem ketuhanannya terkoordinasi dalam konsep ketuhanan Trimurti. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: