Iklan dempo dalam berita

Ternyata Bukan Kota Pekanbaru, Ini Daerah Terkaya di Provinsi Riau

Ternyata Bukan Kota Pekanbaru, Ini Daerah Terkaya di Provinsi Riau

Ternyata Bukan Kota Pekanbaru, Ini Daerah Terkaya di Provinsi Riau--

BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COMProvinsi Riau dikenal sebagai Negeri Lancang Kuning, dan merupakan salah satu provinsi terkaya di Indonesia. Riau merupakan daerah penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia. Selain itu ada gas alam, kelapa sawit dan perkebunan.

BACA JUGA:Rusak Tanaman, Petani Sukaraja Seluma Tahan Kerbau Liar

Provinsi Riau terletak di bagian tengah pantai timur Pulau Sumatera. Yang mana wilayah pesisirnya berbatasan langsung dengan Selat Malaka.

Provinsi Riau terdiri dari 12 wilayah administratif dengan 10 kabupaten dan 2 kota. 

BACA JUGA:Gelar Diklat Jurnalistik, RSMY Bengkulu Segera Luncurkan Bulletin

Sebagai tambahan informasi Encik dan Puan, Riau merupakan daerah penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia. Sumber kekayaan ini tentu saja berada di beberapa daerah di Provinsi Riau.

Dengan begitu, apakah ingin mengetahui kabupaten/kota apa saja yang merupakan terkaya di Provinsi Riau? Mari ikuti ulasannya.

BACA JUGA:Selain Denda Adat, Oknum PNS Bengkulu Utara Terduga Selingkuh Terancam Sanksi Pemecatan

1. Kabupaten Bengkalis

Kabupatan Bengkalis menduduki peringkat pertama sebagai daerah terkaya di Riau. Sumber kekayaan terbesar kabupaten ini ialah dari minyak buminya. Diketahui pada tahun 2021 pendapatan rata-rata atau PDRB per kapita pada tahun 2021 mencapai Rp243.439.000.

Dikutip dari Wikipedia, ibukota Bengkalis berada di Bengkalis Kota. Wilayah dari kabupaten ini mencakup daratan bagian Timur Pulau Sumatera dan wilayah kepulauan, dengan luas adalah 6.973,00 km². 

BACA JUGA:Karena Cemburu, Mahasiswa Ditarik Keluar dari Tempat Hiburan Malam lalu Dipukul

Jumlah penduduk Bengkalis tahun 2020 sebanyak 593.397 jiwa. Penduduk aslinya terdiri dari suku Melayu, suku Sakai dan suku Akik. Ibukota kabupaten berada di Kecamatan Bengkalis, tepatnya berada di Pulau Bengkalis yang terpisah dari Pulau Sumatera.

Pulau Bengkalis sendiri berada tepat di muara Sungai Siak, sehingga dikatakan bahwa Pulau Bengkalis adalah delta sungai Siak. Kota terbesar di kabupaten ini adalah Kota Duri, yang berada di Kecamatan Mandau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: