Iklan dempo dalam berita

Palembang Belum Seberapa, Jambi Apalagi, Ini 10 Kota Terpadat di Pulau Sumatera

Palembang Belum Seberapa, Jambi Apalagi, Ini 10 Kota Terpadat di Pulau Sumatera

Foto Istimewa : Kota Medan, Sumatera Utara--

BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COMPulau Sumatera semakin padat. Jumlah penduduk terus bertambah. Ada 10 provinsi, yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan dan Lampung.

BACA JUGA:Ternyata Bukan Kota Pekanbaru, Ini Daerah Terkaya di Provinsi Riau

Tiap provinsi itu, mayoritas ibukotanya, paling padat penduduk. Mau tahu 10 kota terpadat di Sumatera? Ayo baca daftarnya. Kita mulai dari yang paling 'sepi’ dulu ya, terus sampai yang paling padat.

1. Kota Pangkalpinang, Babel: 233.272 Jiwa

Kota Pangkalpinang adalah salah satu kota di Indonesia yang merupakan bagian dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan sekaligus merupakan ibu kota provinsi. 

Secara astronomis, Kota Pangkalpinang terletak antara 20,4’ sampai dengan 20,10’ Lintang Selatan dan antara 106,04’ sampai dengan 106,07’ Bujur Timur. Kota ini terletak di bagian timur Pulau Bangka. Kota Pangkalpinang terbagi dalam 7 kecamatan dan memiliki 42 kelurahan.

BACA JUGA:BLT-DD Tahun 2023 Menurun, Ini Alasannya

Kota Pangkalpinang merupakan pusat pemerintahan, pusat pemerintahan kota di kelurahan Bukit Intan, dan pusat pemerintahan provinsi dan instansi vertikal di kelurahan Air Itam. Kantor pusat PT. Timah Tbk juga berada di sini. Pangkalpinang juga merupakan pusat aktivitas bisnis atau perdagangan dan industri di Bangka Belitung. Secara administratif, kota Pangkalpinang ditetapkan sebagai ibukota provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada tanggal 9 Februari 2001.

BACA JUGA:BLT Anak Usia 0-6 Tahun Cair? Cek Syarat Penerima, Disiapkan Rp 470 Triliun

2. Banda Aceh, Aceh: 265.111 Jiwa

Kota Banda Aceh adalah salah satu kota di Provinsi Aceh. Sebagai pusat pemerintahan, Banda Aceh menjadi pusat kegiatan ekonomi, politik, sosial dan budaya. Kota Banda Aceh juga merupakan kota Islam yang paling tua di Asia Tenggara, di mana Kota Banda Aceh merupakan ibu kota dari Kesultanan Aceh.

Kota Banda Aceh terdiri dari 9 kecamatan, 17 mukim, 70 desa dan 20 kelurahan. Semula hanya ada 4 kecamatan di Kota Banda Aceh yaitu Meuraksa, Baiturrahman, Kuta Alam dan Syiah Kuala. 

BACA JUGA:Siswa SD, SMP dan SMA Dapat Rp 2 Juta, Daftar BLT Anak Sekolah Via Online

Kota Banda Aceh kemudian dikembangkan lagi menjadi 9 kecamatan. Kota Banda Aceh sebagai ibu kota dari Kesultanan Aceh Darussalam yang dahulunya merupakan salah satu dari lima Kerajaan Islam terbesar di dunia menyimpan berbagai situs peninggalan sejarah dari berbagai masa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: