Iklan dempo dalam berita

Kalau Tidak Mau Tikus Masuk Rumah, Pastikan Ada 6 Tanaman Ini di Halaman

Kalau Tidak Mau Tikus Masuk Rumah, Pastikan Ada 6 Tanaman Ini di Halaman

6 tanaman yang tidak disukai tikus--

Mungkin banyak yang belum tahu penyakit kencing tikus. Jangan pernah mengabaikan jenis penyakit ini karena bisa menyebabkan kematian. 

Penyakit kencing tikus ini bahasa medisnya disebut leptospirosis. Wabah leptospirosis kerap melanda di saat banjir menerjang. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan singkat mengenai leptospirosis.

BACA JUGA:Bisa Kurangi 75 Persen Produksi Buah Sawit, Kenali Jenis dan Cara Penanganan Ulat Api Pengganggu Kelapa Sawit

Empat Langkah Antisipasi Penyakit Leptospirosis

Leptospirosis:

1. Penyebab Leptospirosis

Leptospirosis merupakan penyakit yang disebabkan bakteri leptospira. Bakteri ini dapat menyebar melalui urine atau darah hewan yang terinfeksi.

Bakteri tersebut sewaktu-waktu dapat mengkontaminasi air dan tanah dalam beberapa bulan atau tahun. Beberapa hewan yang tergolong sebagai perantara penyebaran leptospirosis adalah tikus, sapi, anjing, dan babi. Sementara itu, penyebaran bakteri Leptospira melalui beberapa hal, di antaranya:

Kontak langsung antara kulit dengan urine hewan pembawa bakteri

Kontak antara kulit dengan air dan tanah yang terkontaminasi urine hewan pembawa bakteri

Konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi urine hewan pembawa bakteri

BACA JUGA:Mau Investasi Sawit? 10 Hal Ini Wajib Kamu Perhatikan Agar Sukses dan Terhindar dari Masalah

Bakteri leptospira dapat masuk ke dalam tubuh melalui luka terbuka. Baik luka kecil seperti luka lecet, maupun luka besar seperti luka robek. Bakteri ini juga bisa masuk melalui mata, hidung, mulut dan saluran pencernaan.

Leptospirosis bisa menular antarmanusia seperti melalui ASI atau hubungan seksual. Namun kasus ini sangat jarang terjadi.

Leptospirosis banyak ditemui di negara tropis dan subtropis, seperti Indonesia. Itu karena iklim yang panas dan lembab bisa membuat bakteri leptospira bertahan hidup lebih lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: