Iklan dempo dalam berita

Waktu Terbaik Mengganti Oli Matic Vario , Termasuk Oli Gardan Agar Performa Mesin Terjaga

Waktu Terbaik Mengganti Oli Matic Vario , Termasuk Oli Gardan Agar Performa Mesin Terjaga

--

BACA JUGA:Ini Akibatnya jika Jarang Ganti Filter Oli, Siap-siap Ganti Piston

Berdasarkan penjelasan resmi dari halaman Astra Honda, Ada dua jenis oli yang digunakan pada sepeda motor jenis matic, yaitu oli mesin dan oli transmisi atau biasa disebut oli gardan. Kedua oli ini memiliki fungsi yang sama, sebagai pelumas dan pelindung komponen metal yang bergesekan.

Bedanya, kedua oli tersebut bekerja pada lokasi berbeda. Oli mesin bekerja sebagai pelumas untuk komponen mesin, sedangkan oli transmisi bekerja sebagai pelumas pada komponen gigi transmisi atau Final Reduction Gear di sistem transmisi  otomatis.

Oli transmisi hanya digunakan pada sepeda motor matic. Pada produk Honda Genuine Part terdapat 2 jenis oli transmisi yaitu base oil dan synthetic.

BACA JUGA:Oli Mobil Digunakan untuk Motor Apakah Bahaya? Kenali Dampaknya yang Tidak Main-main

Oli sintetik menggunakan base oil synthetic dengan tambahan aditif teknologi terbaru untuk Honda, membuat pelumas mempunyai stabilitas oksidasi yang baik, minim penguapan, dan mampu mendukung performa gir tetap maksimal pada suhu dingin atau pun panas. Oli transmisi berfungsi sebagai pelumas untuk meredam panas dan melindungi komponen dari aus akibat gesekan.

Jadi penting untuk dipahami spesifikasi oli mesin dan transmisi untuk digunakan pada setiap tipe dan tahun pembuatan sepeda motor. Agar tidak salah pilih spesifikasi oli, bawalah sepeda motor Honda kesayangan ke bengkel AHASS terdekat untuk medapatankan perawatan dan suku cadang terbaik dari Honda.

BACA JUGA:Sobat Suka Dengan Mobil Tua, Ga Usah Takut Lho! Ini Tips yang Harus Sobat Lakukan

Saat ini Honda Vario punya dua pilihan kapasitas mesin 125 dan 150cc. Secara tampilan keduanya sama persis hanya beda di kapasitas mesin saja.

Honda Vario 125 dibekai dengan mesin 125 cc, SOHC, eSP, 4-Tak, serta berpendingin cairan. Mesin berukuran diameter x langkah 52,4 x 57,9 mm ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 10,9 dk pada 8.500 rpm dan torsi 10,8 Nm pada 5.000 rpm.

Sementara Vario 150 yang baru mendapatkan penyegaran warna dibekali mesin 150 cc, SOHC, eSP, 4-Tak, dan berpendingin cairan. 

Berkat mesin dengan ukuran diameter x langkah 57,3 x 57,9 mm ini, tenaga maksimum yang dihasilkan sebesar 13 dk pada 8.500 rpm dan torsi puncak 13,4 Nm pada 5.000 rpm.

BACA JUGA:Jangan Salah Oli, Ini Tips Memilih Oli untuk Motor Matic 125cc

Supaya performa msein motor kamu tetap stabil dan maksimal, guna selalu oli mesin yang seusai dengan standart yang direkomendasikan berdasarkan jenis sepeda motor matic yang sobat miliki.

Berdasarkan rangkuman dan ulasan kami diatas, jadi Waktu ideal untuk mengganti oli pada motor Vario dengan mematok jarak tempuh. Jarak tempuh yang di nilai pas untuk melakukan pergantian oli adalah 1000 km sampai dengan 2000 km, selain memperhatikan oli mesin, pengguna juga perlu melakukan pergantian oli transmisi atau oli gardan, mengingat fungsi oli gardan juga sangat penting untuk motor matic, jarak ideal untuk mengganti oli transmisi adalah 5000 km.(Tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: