Iklan dempo dalam berita

Pupuk Subsidi Provinsi Bengkulu 84.900 Ton, Naik Dua Kali Lipat. Ini Daftar Kuota Seluruh Kabupaten/ Kota

Pupuk Subsidi Provinsi Bengkulu 84.900 Ton, Naik Dua Kali Lipat. Ini Daftar Kuota Seluruh Kabupaten/ Kota

ist--

BENGKULU, RBTVCAMKOHA – Kuota pupuk subsidi untuk Provinsi Bengkulu tahun ini sebanyak 84.900 ton. Terdiri dari tiga jenis pupuk yakni Urea, NPK dan NPK Formula Khusus.

Rinciannya, kuota untuk Urea 41.700 ton, NPK 42.212 ton dan NPK Formula Khusus 988 ton. Data Dinas TPHP Provinsi Bengkulu, jumlah kuota pupuk subsidi tahun ini naik dua kali lipat dibanding tahun lalu. Hanya saja untuk jenis pupuk subsidi yang dikeluarkan pemerintah berkurang.

BACA JUGA:Harga Pupuk Mahal, Ini Daftar Kuota Pupuk Subsidi di Dua Kabupaten dan Kota Bengkulu

Untuk proses distribusi, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah telah mengeluarkan SK penetapan pupuk subsidi. Sedangkan untuk alokasi per kecamatan ditetapkan melalui SK Bupati dan Walikota.

Targetnya, akhir bulan ini pupuk subsidi tersebut sudah bisa dibeli petani. Sekarang sedang berlangsung proses penandatangan surat perjanjian kerjasama jual beli atau SPJB antara produsen dengan kios pengecer. Paling lambat, proses SPJB selesai 12 Januari dan kemudian petani yang telah termasuk dalam kelompok tani dan terdaftar di RDKK sudah bisa membeli pupuk subsidi.

BACA JUGA:Sulit Dapat Pupuk Subsidi?, Kabupaten Bengkulu Utara dan Kaur Punya Puluhan Ribu Ton Pupuk Subsidi

Penyaluran pupuk subsidi akan dilakukan per bulan. Dalam SK Gubernur juga telah ditetapkan alokasi penyaluran pupuk subsidi per bulan. Alokasi itu disesuaikan dengan total kelompok tani dan luas sawah dan perkebunan di wilayah masing-masing kabupaten/ kota.  

“Mudah-mudahan untuk alokasi yang diturunkan dari pusat, yang dalam SK menteri (Mentan), alokasi untuk Provinsi Bengkulu itu setelah dilakukan penginputan e-alokasi oleh admin kecamatan. Bahkan itu berlebih banyak. Jadi bukannya kurang, malah berlebih. Kewalahan petani menghabiskan itu, ujar Plh Sub Koordinator Pupuk, Pestisida dan Alsintan DTPHP Provinsi Bengkulu, Destriana.

BACA JUGA:Awasi Penyaluran Pupuk Subsidi, Jangan Ada Permainan. Ini Harga Pupuk Subsidi Tahun 2023

BACA JUGA:Pupuk Subsidi Hanya Untuk 9 Jenis Tanaman. Bagaimana Kelapa Sawit dan Karet?

Berikut alokasi pupuk subsidi di 10 kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu tahun 2023

Bengkulu Selatan

Urea: 6.640 ton

NPK: 6.722 ton

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: