Iklan dempo dalam berita

Pupuk Subsidi Hanya Untuk 9 Jenis Tanaman. Bagaimana Kelapa Sawit dan Karet?

Pupuk Subsidi Hanya Untuk 9 Jenis Tanaman. Bagaimana Kelapa Sawit dan Karet?

ist--

JAKARTA, BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COM – Banyak yang berubah dalam kebijakan pemerintah terkait pupuk subsidi tahun ini. Kebijakan yang paling disorot, jenis tanaman yang bisa mendapatkan pupuk subsidi.

Kebijakan ini menjadi kontroversi. Karena banyak jenis tanaman yang tidak bisa atau dilarang menggunakan pupuk subsidi. Artinya harus menggunakan pupuk non subsidi yang harganya sangat mahal.

BACA JUGA:Harga Pupuk Mahal, Ini Daftar Kuota Pupuk Subsidi di Dua Kabupaten dan Kota Bengkulu

Ada sembilan jenis tanaman yang bisa menggunakan pupuk subsidi. Alasan pemerintah, sembilan tanaman itu merupakan komoditas pangan utama dan strategis serta berhubungan dengan inflasi.

Adapun jenis tanaman yang dimaksud, padi, jagung dan kedelai untuk tanaman pangan. Kemudian cabai, bawang merah, bawang putih untuk tanaman hortikultura. Lalu ada tebu, kakao dan kopi rakyat untuk tanaman perkebunan.

BACA JUGA:Sulit Dapat Pupuk Subsidi?, Kabupaten Bengkulu Utara dan Kaur Punya Puluhan Ribu Ton Pupuk Subsidi

“Untuk jenis pupuknya adalah Urea dan NPK. Tentu harapan kami dari segi teknis atau ilmiahnya pupuk ini tidak hanya urea saja karena kami panen bunga, buah, biji dan sebagainya. Makanya, itu harus ada dan kami siapkan nitrogen, fosfar dan kaliumnya,” jelas Direktur Jenderal Prasana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, Ali Jamil seperti dirilis website resmi Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh.

Dari sembilan jenis tanaman yang bisa mendapatkan pupuk subsidi tersebut, ternyata tidak ada tanaman kepala sawit dan karet. Padahal cukup banyak petani di Provinsi Bengkulu yang bercocok tanam kelapa sawit dan karet.

BACA JUGA:Awasi Penyaluran Pupuk Subsidi, Jangan Ada Permainan. Ini Harga Pupuk Subsidi Tahun 2023

Di Provinsi Bengkulu, untuk tahun ini ada dua kabupaten yang cukup banyak mendapat kuota pupuk subsidi dibanding daerah lain. Dua kabupaten itu, Kabupaten Bengkulu Utara dan Kaur. Berikut kuota pupuk subsidi Kabupaten Bengkulu Utara dan Kaur per kecamatan.

BACA JUGA:Bengkulu Dapat 84 Ribu Ton Pupuk Subsidi, Target Akhir Januari Bisa Dibeli Petani

Bengkulu Utara

Air Besi

Urea: 26 ton

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: