Iklan dempo dalam berita

Berdasarkan Hadist, Ini Urutan Penerima Sedekah yang Dianjurkan, Termasuk Kepada Orang Memusuhi Kita

Berdasarkan Hadist, Ini Urutan Penerima Sedekah yang Dianjurkan, Termasuk Kepada Orang Memusuhi Kita

Urutan penerima sedekah menurut hadist--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Setiap muslim sangat dianjurkan untuk bersedekah bagi mereka yang mampu. Bahkan ada saat ini sedekah menjadi wajib hukumnya. 

Sedekah adalah pemberian sesuatu dari seorang muslim kepada seseorang yang berhak untuk menerimanya secara ikhlas dan sukarela tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah, dengan tujuan mendapat ridha Allah SWT. 

Sedekah memiliki banyak manfaat dan keutamaan. Tidak hanya untuk yang memberi sedekah, melainkan bermanfaat bagi yang menerima juga. Keutamaan dari sedekah antara lain, meningkatkan keimanan, memperlancar rezeki, dan membersihkan harta. 

BACA JUGA:Piala Dunia U-17 Indonesia Tuan Rumah, Kick Off 10 November, Berikut Jadwal Lengkapnya

Sedekah bisa dijadikan sebagai salah satu cara yang efektif dalam menolong sesama umat manusia. Sedekah bisa diberikan kepada siapa saja termasuk keluarga, kerabat, saudara, ataupun orang terdekat.

Setiap bersedekah, pasti akan timbul pertanyaan dalam benak penerima maupun pemberi sedekah tentang siapakah yang paling utama untuk menerima sedekah? Apakah ada urutannya dalam hadits? Berikut ini sedekah yang paling utama menurut hadits.

Sedekah yang Paling Utama

Dikutip melalui buku berjudul Tafsir Al-Qur'anul Majid An-Nur (2000), dijelaskan bahwa sedekah yang paling utama adalh sedekah yang dilakukan secara sirr, atau diam-diam. Hal ini diriwayatkan oleh Ahmad dari Abu Umamah.

Abu Dzar pernah bertanya kepada Rasulullah "Ya Rasulullah, sedekah mana yang lebih utama?" Rasulullah menjawab: "Sedekah sirr (sedekah yang tidak diberikan secara terang-terangan) kepada orang miskin atau sedekah yang dilakukan oleh orang yang mempunyai harta sedikit, tetapi niatnya bersungguh-sungguh."

BACA JUGA:Tikus Tidak Berani Masuk Rumah jika di Halaman Ada Tanaman Ini

Dari penjelasan di atas, maka bisa disimpulkan bahwa sedekah yang paling utama adalah sedekah yang dilakukan secara sembunyi atau diam-diam. Berikut ini urutan dari sedekah yang paling utama diberikan kepada:

1. Sedekah Kepada yang Membutuhkan

Dalam buku berjudul Fikih, Zakat, Sedekah, dan Wakaf (2020), dijelaskan bahwa orang yang sedang membutuhkan bantuan, belum tentu penting. Sehingga sedekahlah kepada orang yang benar-benar membutuhkan.

Seperti contohnya, menjenguk orang sakit, memberikan sedekah kepada orang yang terlantar, memberikan sedekah kepada anak yatim, dan lain sebagainya. Orang-orang tersebut sangat membutuhkan bantuan, sehingga kamu sebaiknya bersedekah kepada mereka. Rasulullah SAW bersabda:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: