Iklan dempo dalam berita

Sekali Sedekah, Pahalanya Sampai Mati, Berikut Beberapa Sedekah Jariyah

Sekali Sedekah, Pahalanya Sampai Mati, Berikut Beberapa Sedekah Jariyah

Jenis sedekah jariyah--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Setiap orang pasti menginginkan dapat pahala dalam jangka waktu yang lama. Melalui sedekah, keinginan itu bisa terwujud.

Sedekah merupakan salah satu amalan yang memiliki tempat istimewa dalam agama Islam. Di antara berbagai bentuk sedekah yang dianjurkan, ada satu yang memiliki keistimewaan khusus, yaitu sedekah jariyah. 

Sedekah jariyah sendiri merupakan amalan berbagi yang tidak hanya memberikan manfaat bagi penerima dalam jangka waktu singkat, tetapi juga berdampak secara jangka panjang, bahkan ketika pelakunya sudah meninggal dunia.

BACA JUGA:Berdasarkan Hadist, Ini Urutan Penerima Sedekah yang Dianjurkan, Termasuk Kepada Orang Memusuhi Kita

Bagi Anda yang belum mengetahui definisi sedekah jariyah, janganlah khawaitr. Karena di pembahasan kali ini kami akan meringkas dengan singkat mengenai salah satu amalan yang memiliki keistimewaan di mata Allah SWT ini. 

Jika merujuk dari Bahasa Arab, kata “Jariyah” sendiri berarti “lanjut” atau “terus menerus”. Jadi bisa didefinisikan bahwa sedekah jariyah adalah suatu sedekah yang pahalanya terus menerus mengalir.

Cakupan sedekah jariyah sangatlah luas. Dari sini bisa kita lihat bahwa pandangan Islam terhadap sedekah benar-benar sangat baik, yaitu untuk memastikan bahwa pembagian harta antara sesama Muslim sangatlah merata. Dengan demikian, konsentrasi kekayaan tidak hanya terpusat pada pihak yang sudah kaya saja.

BACA JUGA:Tikus Tidak Berani Masuk Rumah jika di Halaman Ada Tanaman Ini

Bentuk-bentuk Sedekah Jariyah

Sedekah jariyah memiliki dampak yang luar biasa hebatnya, berupa pahala yang tak henti-hentinya mengalir. Lantas apa sajakah bentuk-bentuk sedekah jariyah? Apakah harus sesuatu yang berjangka panjang manfaatnya? Yuk simak!

Pembangunan Infrastruktur Kemanusiaan

Sebagai investasi berjangka panjang, sedekah jariyah dapat berbentuk suatu infrastruktur kemanusiaan, seperti pembangunan Masjid, sekolah, rumah sakit, sumur, jembatan, dan fasilitas umum lainnya yang memberikan manfaat kepada banyak orang.

Ilmu Pengetahuan

Selain infrastruktur, sedekah jariyah juga bisa berupa ilmu pengetahuan. Caranya adalah dengan mensponsori atau mendukung pendidikan dan penyebaran ilmu pengetahuan, seperti pendirian perpustakaan, pemberian beasiswa, atau penyebaran buku tulis, Qur’an, dsb.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: