Iklan RBTV Dalam Berita

Bukan Hanya Oli Mesin, Ini 4 Tanda Untuk Pemilik Mobil Transmisi Manual Wajib Ganti Oli Transmisi

Bukan Hanya Oli Mesin, Ini 4 Tanda Untuk Pemilik Mobil Transmisi Manual Wajib Ganti Oli Transmisi

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Banyak pemilik mobil transmisi manual kurang memperhatikan kualitas oli dari transmisi. Ya, sama seperti halnya transmisi matic transmisi manual sejatinya juga memiliki oli.

Oli pada transmisi manual secara berkala juga wajib diganti. Hal ini bertujuan untuk menjaga komponen di dalam transmisi tetap terjaga dengan baik. 

BACA JUGA:Arti Kode API Awalan S dan C Untuk Oli Mesin Mobil, Ternyata Huruf Kedua Menandai Kualitas Oli

Sebenarnya oli transmisi pada mobil manual sangat jarang diganti. Jika harus diganti, biasanya setelah menempuh jarak hingga puluhan ribu kilometer. 

Bagi mereka yang membeli mobil baru, usahakan membaca buku petunjuk dari mobil baru tersebut. Di buku manual biasanya tertera jika penggantian oli transmisi pada mobil manual ini bisa mencapai 40 ribu kilometer.

BACA JUGA:Jangan Hanya Oli Mesin, Oli Gardan Motormu Juga Wajib Diganti

Tetapi, itu menurut anjuran yang diberikan oleh buku manual untuk setiap kendaraan. Namun, terkadang realisasi di lapangan berkata lain.

Para pemilik mobil ini sebaiknya mengganti oli transmisi mobil manual dengan interval waktu yang lebih cepat. Misalnya setiap 20 ribu kilometer sekali atau 25 ribu kilometer sekali.

BACA JUGA:Motormu Honda Vario, Ini Rekomendasi Oli Matic dan Manual Sesuai Pabrikan Biar Tambah Joss

Biasanya waktu tersebut adalah waktu yang dianjurkan. Namun, ada beberapa pengecualian jika Anda merasakan gejala aneh pada transmisi sebagai berikut.

Ciri Oli Transmisi Mobil Manual Sudah Harus Diganti

1. Susah Masuk Gigi

Salah satu tanda yang mengharuskan untuk mengganti oli transmisi mobil manual adalah susah masuk gigi. Biasanya saat memasukkan gigi, persneling agak keras dan sulit masuk ke gigi yang diarahkan.

Gejala tersebut bisa jadi dua macam, pertama mungkin saja oli transmisinya sudah jelek atau bisa juga kampas koplingnya sudah tipis. Namun cara termudah dan termurah adalah dengan mengganti oli transmisinya terlebih dahulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: