Iklan RBTV Dalam Berita

Bukan Hanya Oli Mesin, Ini 4 Tanda Untuk Pemilik Mobil Transmisi Manual Wajib Ganti Oli Transmisi

Bukan Hanya Oli Mesin, Ini 4 Tanda Untuk Pemilik Mobil Transmisi Manual Wajib Ganti Oli Transmisi

--

Salah satu ciri oli transmisi mobil manual yang sudah jelek adalah menimbulkan getaran. Persneling terasa bergetar-getar saat sedang posisi idle atau stasioner. 

Sebenarnya efek getaran ini bisa berasal dari berbagai macam faktor. Salah satunya adalah oli transmisi atau bisa juga berasal dari mounting transmisi yang sudah mulai rusak.

Jika sudah bergetar, biasanya timbul rasa tidak nyaman saat berkendara. Daripada merasa tidak nyaman, langsung saja deh bawa mobil kesayangan kamu ke bengkel. 

BACA JUGA:8 Jenis Oli Matic yang Dianjurkan Untuk Honda vario 125 Kesayangan Bikers

4. Warna Oli Berubah

Untuk mengetahui kondisi oli transmisi biasanya terdapat dipstick oli khusus untuk transmisi. Dipstick ini biasanya berbentuk seperti dipstick oli mesin. 

Salah satu indikatornya adalah oli yang masih bagus berwarna pink atau kemerahan. Jika warna oli transmisinya sudah agak menghitam sebaiknya segera lakukan penggantian.

Kondisi oli seperti itu menunjukkan tanda penurunan kualitas. Bisa juga oli tersebut sudah kotor akibat filternya sudah terlalu kotor. 

BACA JUGA:Efek Telat Ganti Oli Mesin Matic, Motor Mati Total

Fungsi Oli Transmisi pada Mobil Manual

Banyak orang mengira oli transmisi pada mobil manual tidak terlalu memiliki fungsi. Padahal sebenarnya oli transmisi ini juga punya peran yang cukup penting.

Salah satu fungsi oli transmisi adalah menjaga suhu komponen di dalam transmisi tetap dingin. Pada saat sedang berkendara, transmisi manual atau otomatis akan menghasilkan panas. 

Oli inilah yang bertugas menjaga suhu komponen di dalam transmisi tetap baik. Ibaratnya hampir sama seperti oli pada mesin mobil. 

BACA JUGA:7 Efek Motor Telat Ganti Oli, Selain Over Heating, Poin Nomor 7 Bikin Dompet Terkuras

Hanya saja pada sebuah transmisi kebutuhan olinya tidak sebanyak oli mesin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: