Iklan dempo dalam berita

Bantuan El Nino Segera Cair, Segini Jumlah Bantuan dan Penerimanya untuk Provinsi Bengkulu

Bantuan El Nino Segera Cair, Segini Jumlah Bantuan dan Penerimanya untuk Provinsi Bengkulu

Besaran dan jumlah penerima bansos El Nino Provinsi Bengkulu--

BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COM - Sebanyak 146 ribu keluarga penerima manfaat (KPM) Bengkulu akan menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dampak fenomena El-Nino. Bantuan ini diberikan kepada KPM Bantuan Pangan non Tunai (BPNT). 

Kadis Sosial Provinsi Bengkulu, Iskandar ZO mengatakan saat ini pihaknya masih menunggu surat pemberitahuan resmi dari Kementerian Keuangan. Karena sejauh ini BLT El-Nino baru disampaikan secara lisan oleh Presiden Joko Widodo. 

“Jumlahnya untuk di Provinsi Bengkulu sekitar 146 ribu (penerima). Sekarang kita masih menunggu surat pemberitahuan resmi dari Kementerian,” ujar Iskandar. 

BACA JUGA:Pemprov BengkuluTerima Dua Sertifikat Penghargaan Kelembagaan dari LAN RI

Bantuan yang diterima adalah uang tunai sebesar Rp 200 ribu. Bantuan ini akan diberikan langsung selama dua bulan, yakni November-Desember, sehingga total yang diterima oleh KPM menjadi Rp 400 ribu. 

“Pemerintah memberikan dampak El-Nino, akan disalurkan untuk dua bulan November dan Desember. Dengan pagu 200 ribu per bulan,” kata Iskandar. 

Ditambahkan Iskandar ZO saat ini pihaknya sedang menunggu arahan dari Kementerian Keuangan dan Kementerian Sosial, terkait waktu dan mekanisme penyaluran. Baik penyaluran melalui PT Pos Indonesia, maupun melalui Bank Himbara. 

“Kita menunggu dari pemerintah pusat terkait penyaluran melalui PT Pos atau melalui Bank Himbara,” kata Iskandar.

Nantinya bersamaan dengan penyaluran ini, Pemprov akan menggelar pasar murah, gerakan Pangan Murah Terintegrasi di lokasi pencairan. Hal ini untuk memastikan, uang bantuan yang diterima digunakan untuk membeli kebutuhan sehari-hari. 

BACA JUGA:Tipidter Ditreskrimsus Polda Bengkulu Tangkap 2 Pelaku Dugaan Pembalakan Hutan

Nantinya Pemprov Bengkulu akan bekerjasama dengan Bulog Bengkulu dan sejumlah distributor dari Dinas Perindag Provinsi, Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Peternakan dan Keswan. 

“Kalau disalurkan melalui PT Pos, maka kita akan membuka gerakan pangan murah di kantor pos. Bekerjasama dengan bulog dan distributor. Hal ini untuk mencegah bantuan digunakan untuk membeli rokok” kata Iskandar.

 

Cara Cek Penerima Bansos El Nino

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: