Iklan dempo dalam berita

Konsumsi Jamu Gak Boleh Sembarangan, Ini Efek Samping Minum Jamu Berlebihan

Konsumsi Jamu Gak Boleh Sembarangan, Ini Efek Samping Minum Jamu Berlebihan

Konsumsi Jamu Gak Boleh Sembarangan, Ini Efek Samping Minum Jamu Berlebihan--

Selain oplosan, hingga saat ini sangat banyak beredar di pasaran jamu yang lebih berbahaya daripada oplosan yaitu jamu yang benar-benar palsu. Kamu perlu berhati-hati saat membeli jamu, perhatikan racikan yang mereka gunakan, ya. 

Kebutuhan cairan tubuh yang tidak terpenuhi saat kamu mengonsumsi jamu palsu dapat mengganggu kinerja organ penyaring darah dan racun seperti ginjal dan hati. Pencampuran jamu dengan zat kimia tertentu seringkali dilakukan agar jamunya berkhasiat secara instan.

BACA JUGA:Bukan Obat-obatan, Ini 10 Sayuran untuk Mendapatkan Badan Ideal

Tips aman minum jamu

Bila kamu ingin tetap mengonsumsi jamu secara rutin ada baiknya mencari jamu yang tidak mengandung beragam zat kimia, pengawet, dan terbukti higienis. Alternatif lain kamu bisa membuat jamu itu sendiri.

Demi menghindari beberapa efek samping fatal pada kondisi kesehatan, sangat disarankan untuk mengonsumsi jamu yang sudah teruji oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Dengan begitu, khasiat jamu yang terkandung dalam jamu dapat terasa di tubuh. 

Tak hanya itu saja, perhatikan juga apabila kamu ingin menggunakan jamu untuk pengobatan penyakit tertentu. Ada baiknya melakukan konsultasi langsung pada dokter agar mendapatkan jamu dengan jenis dan dosis yang tepat.

BACA JUGA:Lebih Mujarab dari Obat, hanya Gunakan Bawang Merah, Asma Kambuh Langsung Hilang

Perlu diingat bahwa untuk kondisi kesehatan tertentu, jamu tidak dapat menggantikan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter. 

Melansir penjelasan dari laman Healthline, bagi wanita hamil atau menyusui, walaupun memang khasiat jamu sebelumnya dikatakan untuk pelancar ASI namun tetap harus berbicara dengan dokter sebelum meminum jamu apapun.

Tujuannya untuk memastikan hasil terbaik bagi kondisi tubuh ibu dan bayi yang ada di dalam kandungan. 

Pentingnya konsultasi terlebih dahulu sebelum minum jamu, karena beberapa kondisi kesehatan tertentu apalagi bagi kamu yang sedang mengonsumsi obat-obatan medis harus mengetahui dosis yang tepat.

 

(Tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: