Iklan dempo dalam berita

Mulai Sekarang Setop Makanan Berminyak, Minimal Kurangi, Ini 7 Risiko Konsumsi Minyak Goreng

Mulai Sekarang Setop Makanan Berminyak, Minimal Kurangi, Ini 7 Risiko Konsumsi Minyak Goreng

Dampak makanan berminyak bagi kesehatan--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Pernah tidak kita bertanya pada diri sendiri, berapa banyak jumlah minyak yang kita konsumsi setiap hari? Pernah tidak kita melalui hari tanpa mengkonsumsi makanan berminyak?

Tahukah Anda bahwa mengkonsumsi minyak apalagi konsumsi yang berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan. Mungkin tidak sekarang, namun jika kebiasaan ini berlangsung hingga belasan atau puluhan tahun, sangat mungkin risiko tersebut akan terasa kelak.

Untuk lengkapnya, berikut ini ulasan 7 risiko bagi kesehatan jika kita mengkonsumsi minyak goreng berlebihan:

BACA JUGA:BCA Buka Lowongan Kerja, Gaji hingga Rp 5,5 Juta per Bulan, Lulusan SMA dan SMK Bisa Daftar

1. Mengganggu fungsi otak

Konsumsi berlebihan makanan berminyak mungkin dapat mengganggu fungsi otak. Berbagai penelitian menunjukkan hal ini berkaitan dengan kenaikan berat badan, tekanan darah tinggi, dan gangguan metabolisme akibat asupan lemak berlebih.

Semua faktor tersebut berkaitan dengan gangguan pada struktur, jaringan, dan aktivitas pada organ otak. Bahkan, sebuah studi dalam Journal of Nutritional Science menunjukkan adanya penurunan dalam kemampuan belajar dan mengingat.

Berbagai efek ini tentu tidak langsung muncul dalam waktu singkat. Namun, tentu lebih baik bila Anda mencegahnya dengan membatasi asupan makanan yang mengandung minyak seperti fast food, donat, piza, kentang goreng, dan sejenisnya.

BACA JUGA:Sering Konsumsi Makanan Asam? Berikut 5 Efek Samping yang Perlu Diwaspadai Untuk Kesehatan Tubuh

2. Memicu pertumbuhan jerawat

Jerawat memang tidak langsung muncul setelah Anda makan gorengan atau makanan lainnya yang banyak mengandung minyak. Meski begitu, asupan minyak yang berlebih lambat laun dapat mengganggu keseimbangan hormon di dalam tubuh.

Gangguan hormon merupakan salah satu penyebab munculnya jerawat. Tak hanya itu, makanan yang mengandung minyak bisa merangsang kerja kelenjar minyak pada kulit. Akibatnya, minyak berlebih menutup pori dan menjadi awal munculnya jerawat.

Anda mungkin menyadari kalau sebagian besar makanan berminyak juga mengandung gula. Lemak dan gula yang berlebih dapat memperparah peradangan di dalam tubuh. Jerawat akhirnya tidak hanya sulit sembuh, tapi juga bisa bertambah parah.

BACA JUGA:Efek Samping Terlalu Sering Mengonsumsi Makanan yang Dibakar, Bisa Memicu Kanker

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: