Iklan dempo dalam berita

Tanaman Obat Satu ini Namanya Sedikit Vulgar , Namun Berkhasiat Untuk Obat Diabetes

Tanaman Obat Satu ini Namanya Sedikit Vulgar , Namun Berkhasiat Untuk Obat Diabetes

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA - Bunga yang biasa tumbuh liar tanpa di budidayakan secara khusus ini, ternyata salah satu tanaman obat kategori daun dan bunga. Namanya Bunga telang yang merupakan tumbuhan rambat, biasanya ditemukan di pekarangan dan banyak tumbuh liar di semak-semak hutan.

Memiliki nama latin genus clitoria, tumbuhan tersebut dalam bahasa Ternate yakni telang, yang secara harfiah berarti klitoris, disebut demikian oleh masyarakat Ternate karena bentuk tumbuhan ini yang menyerupai bentuk alat kelamin perempuan manusia. 

BACA JUGA:8 Cara Mengolah Bunga Telang Sesuai Keluhan Penyakit, Bisa Juga Dijadikan Pengganti Teh

Referensi pertama untuk genus, yang mencakup ilustrasi tumbuhan, dibuat pada tahun 1678 oleh Jakób Breyne, seorang naturalis Polandia, yang menggambarkannya sebagai Flos clitoridis ternatensibus, yang berarti 'Bunga klitoris Ternate'

Tanaman cantik dan mempunyai warna yang unik ini telah menyebar ke seluruh daerah tropis. Saat ini menjadi suatu tanaman bunga yang sedang hits dijadikan menu minuman di beberapa tempat karena mempunyai warna yang unik dan manfaat yang baik.

BACA JUGA:10 Jenis Tanaman Obat yang Lazim Ada di Dapur, Nomor 9 Khasnya Negara Spaghetti

Tanaman ini mempunyai kandungan sulfur, alkaloid, flavonoid dan saponin berguna untuk kesehatan juga mengusir beberapa penyakit dan bersifat laksatif/ pencahar seperti peluruh kencing, merangsang muntah dan membersihkan darah.

Telang merupakan tumbuhan yang berasal dari daerah Ternate, Maluku, yang kini sudah mulai menyebar luas di seluruh daerah di Indonesia. Adapun manfaat yang diperoleh dari tumbuhan yaitu sebagai pemenuhan bahan pangan, tanaman obat, teknologi, dan juga nilai estetika Bunga telang dikenal dengan berbagai nama seperti butterfly pea (Inggris), kembang telang (Jawa), Mazerion Hidi (Arab), Teleng (Betawi). 

BACA JUGA:Tanaman Obat dan Bumbu Dapur ini Bisa Untuk Meredahkan Batuk Loh, Asli Herbal Non Kimia

Bunga telang sendiri memiliki ciri khas pada warna bunganya yang beragam yaitu mulai dari merah, putih, serta ungu indigo. Bunga dari tanaman telang berwarna biru indigo yang biasa dimanfaatkan sebagai bahan pewarna.

Pengolahan bunga telang menjadi pewarna dapat dilakukan secara langsung (segar) maupun dikeringkan.

Manfaat Bunga Telang:

1. Mengatasi gejala diabetes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: