Iklan RBTV Dalam Berita

Pelamar Mitra Statistik Wajib Tahu, Anda Harus Menguasai 6 Skill Berikut

Pelamar Mitra Statistik Wajib Tahu, Anda Harus Menguasai 6 Skill Berikut

6 skill yang harus dimiliki mitra statistik--

Sensus Penduduk 2020 Lanjutan ini menggunakan dua metode, yaitu CAPI (Computer Assisted Personal Interviewing) dan PAPI (Paper Assisted Personal Interviewing). Untuk di wilayah perkotaan akan menggunakan metode CAPI. Jadi, para petugas akan mewawancarai responden menggunakan aplikasi pada gadget. Tinggal klak-klik lalu submit dan send. Selesai. Makanya petugas di wilayah perkotaan harus melek IT, minimal ya bisa lah mengoperasikan aplikasi pada gadget-nya.

6. Tulisannya bagus

Nah, kalau skill ini wajib dikuasai oleh petugas di wilayah yang menggunakan metode PAPI. Jadi, petugas sensus mewawancarai responden menggunakan kuesioner biasa yang ditulis tangan. Tulisannya harus bagus dong, minimal bisa dibaca oleh orang lain lah. Gawat juga kan sudah capek-capek tugas di lapangan tapi ternyata tulisan di kuesionernya nggak kebaca.

BACA JUGA:Info Loker, PT Pragon Buka Lowongan Kerja Untuk 2 Posisi, Lulusan SMA Mari Intip Syaratnya Disini

Itulah beberapa skill yang wajib dikuasai oleh petugas sensus. Tapi sejago-jagonya petugas sensus, yang jadi kunci adalah jawaban responden. Makanya jawaban responden itu menentukan masa depan bangsa. Sekalinya jawaban responden itu dikarang-karang, nggak jujur, atau malah emoh ngasih jawaban ke petugas, data jadi nggak valid. Kalau data nggak valid, ya pastinya kebijakan pemerintah juga jadi nggak tepat sasaran.

Mitra Statistik BPS bukan merupakan pegawai tetap seperti Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Mitra Statistik merupakan individu yang direkrut Badan Pusat Statistik (BPS) pada basis kontrak untuk membantu dalam pengumpulan data penting, termasuk menyebarkan dan mengumpulkan kuesioner survei.

Peran ini sangat krusial dalam menunjang kegiatan sensus dan survei yang dijalankan BPS.

Dalam penerimaan ini, BPS mencari tenaga untuk kegiatan survei dan sensus. Lowongan petugas statistik ini diutamakan bagi yang minimal sudah lulus SMA atau sederajat

BACA JUGA:November 2023, PT Pos Indonesia Buka Lowongan Kerja, Sasarannya Lulusan SMA dan SMK

Petugas statistik BPS ini diharapkan bertanggung jawab, disiplin, ulet, serta teliti. Pendaftaran terbuka bagi yang berusia 18-50 tahun. Berikut syarat dan cara daftarnya seperti dikutip dari panduan resminya.

Syarat Calon Mitra Statistik BPS

Bukan Aparatur Sipil Negara (ASN)

Sehat jasmani dan rohani

Disiplin dan berkomitmen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: