Iklan dempo dalam berita

Calon Mahasiswa Harus Tahu, Ini 12 Jurusan dengan Biaya Murah di Kampus Indonesia

Calon Mahasiswa Harus Tahu, Ini 12 Jurusan dengan Biaya Murah di Kampus Indonesia

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Biaya perkuliahan pada setiap perguruan tinggi memang memiliki perbedaan, baik itu swasta atau pun negeri. Maka itu sebagai calon mahasiswa sebelum memilih jurusan kuliah harus mengetahui besaran biaya pada setiap jurusan yang akan diambil.

Kuliah salah satu tahapan penting dalam perjalanan pendidikan seseorang. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa biaya kuliah menjadi salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih jurusan di perguruan tinggi.

BACA JUGA:Peluang Jadi Mitra Statistik BPS, Ini Skill yang Perlu Dikuasai Pelamar

Dibalik biaya kuliah di kampus yang mahal, ternyata terdapat jurusan kuliah yang dikenal memiliki biaya paling murah dan ramah di kantong.

Meski biaya jurusan kuliah ini tergolong murah, bukan berarti kualitas pendidikannya buruk. Sebab, beberapa jurusan kuliah dengan biaya paling murah ini juga tersedia di kampus terbaik Indonesia.

BACA JUGA:Sangat Cocok Buat yang Suka Tantangan, Ini 12 Jurusan Kuliah Tersulit Tapi Memiliki Prospek Kerja Menjanjikan

Berikut ini jurusan kuliah yang dikenal miliki biaya termurah:

- Jurusan Teknik Pengairan

 Jurusan teknik pengairan menghasilkan ahli di bidang pengairan. Jurusan ini termasuk langka karena hanya terdapat di dua kampus, yakni Universitas Brawijaya Malang dan Institut Teknologi Bandung.

Ilmu yang dipelajari pada jurusan ini diterapkan misalnya untuk perencanaan sistem jaringan irigasi dan perencanaan pembangkit tenaga listrik. 

Jurusan Teknik Pengairan Universitas Brawijaya menetapkan uang kuliah mulai dari Rp500.000 hingga Rp7.000.000.

BACA JUGA:Bansos KIS BPJS Kesehatan Cair Bulan Ini, Berikut Cara Cek Daftar Penerima

- Jurusan Ilmu Perpustakaan

Ilmu tentang mengelola perpustakaan, mulai dari pengarsipan, penyimpanan buku dan dokumen, hingga mengelola informasi agar buku atau dokumen mudah ditemukan, akan dipelajari di jurusan ilmu perpustakaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: