Iklan RBTV Dalam Berita

Jadi Incaran Pengusaha, Ini 7 Jurusan Kuliah Buat yang Tertarik dengan Dunia Bisnis

Jadi Incaran Pengusaha, Ini 7 Jurusan Kuliah Buat yang Tertarik dengan Dunia Bisnis

--

- Akuntansi

Kuliah bisnis jurusan akuntansi juga tidak kalah diminati. Bahkan sekolah kejuruan sudah membuka bidang ini bagi siswa. Hal ini menunjukkan bahwa akuntansi merupakan ilmu yang banyak dibutuhkan dunia kerja.

Bagi Anda yang ingin masuk program studi ini, nantinya akan mendapatkan mata kuliah tentang tata cara membuat laporan keuangan. Lebih lanjut lagi Anda juga akan mempelajari cash flow atau alur kas, hingga informasi keuangan perusahaan.

Kemudian, juga mempelajari audit keuangan, penyusunan rencana anggaran, perpajakan, dan segala hal berkaitan dengan pembuatan keputusan usaha. 

Peluang kariernya juga sangat terbuka lebar. Bahkan, permintaan tenaga profesional bidang akuntansi tiap tahun cenderung mengalami peningkatan. Anda bisa berkarier sebagai staf profesional akuntansi, staf perbankan, akuntan publik, akuntansi forensic.

Lulusan kuliah bisnis juga berpeluang menempati posisi sebagai auditor internal maupun eksternal, akuntan manajemen, dan analis sekuritas. 

Bahkan Anda yang memiliki passion mengajar bisa melamar jadi guru di sekolah kejuruan atau menjadi dosen.

BACA JUGA:HP Flagship Dua Layar Lipat, Oppo Find N3 Flip vs Samsung Galaxy Z Flip5, Harga Sama, Pilih Mana?

- Bisnis Berkelanjutan

Jurusan satu ini terbilang baru dan merupakan sebuah inovasi yang mengedepankan sustainable business atau bisnis berkelanjutan. Lebih banyak jenjang sarjana untuk program studi satu ini dengan fokus ilmu mempelajari praktik-praktik berkelanjutan.

Bidang ini merespon Sustainable Development Goals (SDGs) serta isu-isu terbaru dampak perubahan iklim global. Kemudian, juga studi tentang berkurangnya sumber daya alam serta jumlah populasi manusia.

Kuliah bisnis program berkelanjutan ini akan mempelajari manajemen risiko, sosial, lingkungan, peluang dan kewajiban sebuah usaha dalam jangka panjang. 

Fokusnya adalah supaya setiap usaha memberikan keuntungan secara global. Dampak baik dari sustainable business ini harus positif untuk masa depan dunia. Sudah banyak juga perguruan tinggi dalam negeri membuka program studi serupa.

Lulusan kuliah bisnis jenjang S-1 jurusan ini memiliki kesempatan lebar untuk berkarier sebagai analis environmental. Kemudian juga bisa terjun dalam bidang sosial, bekerja di bawah perusahaan pemerintah, staf corporate social responsibility (CSR).

Jurusan ini juga bergengsi dan banyak diincar lulusan sekolah menengah atas, sebab bisa berkarier di perusahaan yang bergerak dalam bidang energi terbarukan. Selain penghasilannya tinggi, juga ikut dalam menjaga kelestarian alam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: