Iklan dempo dalam berita

Jangan Buru-buru Beli Obat, Pakai Bumbu Dapur Ini untuk Menurunkan Kolesterol

Jangan Buru-buru Beli Obat, Pakai Bumbu Dapur Ini untuk Menurunkan Kolesterol

Bumbu dapur untuk obat kolesterol--

2. Bawang Putih

Siapa yang tak kenal dengan bawang putih. Salah satu bumbu dapur. Bawang putih juga mampu menurunkan kolesterol. Bawang putih dapat dimakan mentah.

Dalam suatu penelitian menunjukkan kandungan allicin dari bawang putih mampu menghambat enzim yang membentuk kolesterol.

Anda dapat menanam bawang putih di rumah dengan mudah. Tanam bibit di kedalaman tanah 2 sampai 3 cm. 

Jika bobot siung lebih dari 1,5 gram jika ditanam di tanah, gunakan jarak tanam dengan ukuran 20 x 20 cm. Selalu pastikan tanaman bawang putih tercukupi air dan juga intensitas sinar matahari.

BACA JUGA:Ini Manfaat Kolagen untuk Kesehatan dan Kecantikan, Banyak-banyak Makan Daging Ayam

3. Kunyit

Selanjutnya kunyit merupakan salah satu bumbu yang familiar. Kunyit merupakan tanaman obat berupa semak dan bersifat tahunan (perenial) yang tersebar di seluruh daerah tropis. Tanaman kunyit tumbuh subur dan liar di sekitar hutan/bekas kebun. 

Kunyit mampu menurunkan kolesterol. Selain mengandung kurkumin, kunyit juga memiliki banyak kandungan antioksidan yang tidak hancur ketika dimasak. Dalam suatu studi dijelaskan bahwa suplementasi 2,4 gram kunyit selama empat minggu menghasilkan penurunan kolesterol LDL dan protein C reaktif. 

Jika Anda ingin menanam kunyit, caranya cukup mudah, yaitu dengan meletakkan rimpang kunyit yang telah disiapkan di atas tanah yang lembap. Pastikan rimpang tersebut tidak terkena paparan sinar matahari langsung. Kemudian, taburi rimpang kunyit tersebut dengan tanah secukupnya, dan siram setiap sore untuk menghasilkan tunas atau bibit kunyit yang bagus.

BACA JUGA:Syarat Mudah, PT Tempo Scan Membuka Lowongan Kerja dengan 7 Posisi Menarik, di Sini Link Pendaftarannya

4. Jahe

Terakhir adalah Jahe. Jahe merupakan tanaman obat berupa tumbuhan rumpun berbatang semu. Jahe memiliki 2 jenis warna yakni adalah jahe putih dan jahe merah.  

Jahe dapat menurunkan kolesterol karena Jahe mengandung senyawa aktif berupa minyak atsiri, oleoresin dan gingerol merupakan senyawa aktif yang mampu menurunkan kolesterol.

Untuk menanam jahe, Anda hanya perlu memasukkan bibit jahe ke setiap lubang tanam atau polybag, lalu tutup dengan tanah. Tanam setiap potongan jahe sedalam 5 hingga 10 cm di tanah yang gembur, dengan mata tunas berada di atas. Apabila ditanam secara berderet, berilah jarak di setiap potongan sejauh 20 sentimeter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: