Iklan dempo dalam berita

8 Jenis Tanaman untuk Obat Herbal Pengganti Obat Medis, Mayoritas Bumbu Dapur

8 Jenis Tanaman untuk Obat Herbal Pengganti Obat Medis, Mayoritas Bumbu Dapur

--

Sebagai tanaman herbal, jahe memiliki beberapa manfaat, terutama untuk kesehatan tubuh, di antaranya ialah membantu mengetasi sakit perut, mual, pusing, sakit kepala, muntah, nyeri haid, bahkan hingga meredakan rematik serta osteoarthritis.

Walaupun jahe terbukti berkhasiat, akan tetapi jangan mengkonsusmsi jahe terlalu banyak. Anjuran megkonsumsi jahe adalah tidak boleh lebih dari 5 gram atau setara dengan 1 takaran sendok the setiap harinya.

4. Temulawak

Jenis tanaman herbal satu ini dapat digunakan dan ampuh untuk mengatasi gangguan pencernaan, seperti perut kembung usai makan, dan gangguan lambung. Selain itu temulawak terkenal dapat meningkatkan nafsu makan sama seperti yang lainnya mengkonsumsi yang berlebihan tidak baik.

Efek samping apabila dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak atau secara berlebihan, seperti dapat mengakibatkan iritasi pada lambung hingga muntah-muntah.

5. Daun Kemangi

Daun yang sering dijadikan lalapan saat menyantap makanan ini memiliki fungsi untuk menambah aroma pada makanan untuk menghilangkan bau-bau tidak sedap seperti amis.

Selain sebagai lalapan, daun kemangi apat dimanfaatkan sebagai tanaman herbal. Daun kemangi ini memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan, seperti meringankan perut yang kembung, mengobati luka goresan pada kulit bahkan meningkatkan nafsu makan.

6. Bawang Putih

Bawang putih yang identik dengan bumbu-bumbu dapur ini ternyata memiliki khasiat sebagai tanaman herbal. Bawang memiliki kandungan berupa vitamin B6, vitamin C dan magnesium.

7. Kumis Kucing

Kumis kucing yang banyak kita ketahui hanyalah sebagai tanaman hias saja, tapi siapa sangka tanaman kucing bisa dijadikan tanaman herbal  karena dikenal memiliki khasiat untuk meringankan beberapa masalah kesehatan, seperti gusi yang bengkak dan luka pada kulit. 

Selain itu, kumis kucing juga memiliki zat anti radang yang dapat membantu mengendalikan beberapa gejala dari alergi, rematik serta asam urat, penyakit ginjal dan menghentikan kejang-kejang.

8. Jeruk  Nipis

Jeruk nipis adalah tanaman herbal yang mudah ditanam disekitaran rumah. Didalam jeruk nipis terkandung vitamin c an antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. Dengan mengkonsumsi jeruk nipis secara rutin, maka akan meningkatkan sistem imun seseorang, mencegah batu ginjal, mengurangi risiko terkena penyakit jantung, meningkatkan kesehatan kulit dan membantu penyerapan zat besi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: