Iklan dempo dalam berita

Minum Susu Baik untuk Kesehatan, Namun kalau Terlalu Sering Ini Dampaknya

Minum Susu Baik untuk Kesehatan, Namun kalau Terlalu Sering Ini Dampaknya

Dampak jika terlalu sering minum susu--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Susu telah menjadi bagian penting dari pola konsumsi orang di seluruh dunia. Selain itu manfaat susu penting sebagai sumber kalsium, protein, lemak, serta berbagai vitamin untuk tumbuh terutama pada perkembangan anak.

Meskipun susu memiliki banyak manfaat, sebagian besar jenis susu, seperti susu formula dan susu sapi, tidak mengandung serat dan hanya mengandung sedikit zat besi, tapi tinggi akan kandungan kalori, sehingga jumlah asupannya tetap perlu diperhatikan.

BACA JUGA:Pernah Dengar Susu Rami? Ini Manfaatnya untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui, Bisa Bikin Awet Muda

Namun, seperti halnya dengan segala hal dalam hidup, mengonsumsi susu dengan seimbang adalah kunci untuk menjaga kesehatan yang optimal. Lalu bahaya apa saja yang dapat mengintai Anda jika terlalu sering mengkonsumsi susu? Dalam artikel ini akan dibahas bahaya-bahaya yang mungkin timbul jika terlalu sering meminum susu.

1. Masalah Pencernaan

Salah satu bahaya terlalu sering minum susu adalah Anda dapat terkena gangguan pencernaan. Beberapa orang mungkin mengalami intoleransi laktosa, tubuh mereka tidak dapat mencerna laktosa yang terkandung dalam susu.

Gejala intoleransi laktosa ini biasanya meliputi diare, mual dan kembung. Bila Anda minum terlalu banyak susu, hal ini juga dapat menyebabkan sembelit, terutama pada anak-anak.

BACA JUGA:Empat Wisatawan Berhasil Dievaluasi Tim BPBD Dari Lokasi Wisata 'Air Terjun Sengak'

2. Kelebihan Kalori

Susu mengandung lemak dan kalori yang signifikan. Jika seseorang mengkonsumsi terlalu banyak susu dalam pola makan mereka, hal ini dapat menyebabkan kelebihan kalori.

Meningkatnya asupan kalori dapat menyebabkan penambahan berat badan yang tidak diinginkan. Kelebihan berat badan dan obesitas dapat meningkatkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan hipertensi.

3. Risiko Alergi

Meskipun jarang terjadi, beberapa orang mungkin mengalami alergi susu. Alergi susu adalah reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap protein susu tertentu.

Gejala alergi susu meliputi ruam kulit, gatal-gatal, sesak napas, serta mual dan muntah. Jika Anda mengalami gejala-gejala ini setelah minum susu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: