Iklan dempo dalam berita

Kenali Penyebab Munculnya Karang Gigi, 7 Hal Ini Dapat Menghilangkan Karang Gigi Anda Secara Alami

Kenali Penyebab Munculnya Karang Gigi, 7 Hal Ini Dapat Menghilangkan Karang Gigi Anda Secara Alami

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM –  Karang gigi atau kalkulus adalah lapisan tipis yang terdiri dari beragam jenis mikroorganisme yang menempel pada sela-sela gigi atau gusi karena pembersihan yang optimal,. Mikroorganisme ini sendiri kebanyakan berasal dari makanan yang masuk ke mulut kita saat makan, tumpukan ini lama-lama akan mengeras dan berubah menjadi karang gigi.

BACA JUGA:Coba Siapkan 5 Hal Berikut, Termasuk Menu Minuman dan Camilannya, Supaya Arisan di Rumah Anda Berkesan

Di dalam plak inilah hidup mikroorganisme yang memproduksi asam, sehingga mampu merusak enamel gigi. Enamel gigi yang rusak membuat gigi rentan terhadap berbagai masalah kesehatan gigi dan tidak jarang memberikan dampak negatif pada kamu yang memiliki kerusakan gigi.Secara umum karang gigi tidak menimbulkan gejala sehingga banyak orang tidak menyadari akan timbulnya karang gigi.

BACA JUGA: Arisan Pakai Biaya Admin, Apakah Termasuk Riba? Begini Penjelasannya

Penyebab karang gigi sendiri bisa bermacam-macam, berikut beberapa penyebab karang gigi menumpuk:

1. Terlalu Sering Mengkonsumsi Makanan Manis Secara Berlebihan

Makanan yang manis dan lengket akan sangat mudah sekali tertinggal di sela-sela gigi. Hal ini mengakibatkan jenis makanan tersebut menjadi salah sumber makanan bagi bakteri perusak gigi. Bakteri tersebut akan menghasilkan zat asam perusak enamel gigi dan berkembang menjadi karang gigi.

2. Kurang Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Kandungan vitamin dan mineral didalam sayur sangat dibutuhkan oleh gigi. Tak hanya itu, menggigit dan mengunyahnya secara teratur dapat membantu membersihkan gigi secara alami. 

BACA JUGA:Suka Ikut Arisan, Tapi Jangan Sampai Jadi Korban Arisan Online yah, Ini 5 Ciri-Ciri Penipuan Berkedok Arisan

3. Tidak Rutin Menggosok Gigi

Menggosok gigi sangatlah penting untuk Kesehatan gigi. Bila kamu tak menjaga kesehatan gigi, maka sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi akan memicu munculnya bakteri. Kondisi inilah bakteri akan bersarang dan berkembang sehingga gigi akan berkarang dan rusak.

4. Suka minuman bersoda

Minuman bersoda  dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami karang gigi. Hal ini dikarenakan sifat soda yang tajam dan kerap membahayakan enamel gigi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: