Iklan dempo dalam berita

Kenali Penyebab Munculnya Karang Gigi, 7 Hal Ini Dapat Menghilangkan Karang Gigi Anda Secara Alami

Kenali Penyebab Munculnya Karang Gigi, 7 Hal Ini Dapat Menghilangkan Karang Gigi Anda Secara Alami

--

BACA JUGA:16 Manfaat Air Hujan Bagi Kesehatan, Diantaranya Hilangkan Stres dan Netralkan pH Darah

5. Kebiasaan Merokok

Kandungan nikotin dan tar pada rokok dapat menyebabkan kerusakan lapisan jaringan gigi. Kandungan ini dapat mengurangi produksi saliva, sehingga mulut terasa kering dan bakteri lebih mudah berkembang biak. Karang gigi memang terlihat biasa saja akan tetapi jika dibiarkan menumpuk akan mengganggu Kesehatan gigi dan mulut di dalamnya. Jika kamu ingin membersihkan karang gigi dengan instant adalah dengan pergi ke dokter gigi. 

BACA JUGA:Tidak Usah Diperdebatkan, Seperti Ini Perbedaan Game Online dan Offline

Dokter gigi atau yang disebut dengan scaling gigi. Scaling gigi dilakukan dengan menggunakan alat bernama ultrasonic scaler yang berfungsi merontokkan karang gigi pada sela gigi dan garis gusi. Akan tetapi untuk pergi ke dokter gigi, tentunya kita harus merogoh kocek.

Harga membersihkan karang gigi atau scalling gigi juga beragam, Dilansir dari berbagai sumber, biaya membersihkan karang gigi di klinik atau rumah sakit swasta di Indonesia dimulai dari dari Rp250.000 hingga Rp700.000.

BACA JUGA:Ingin Merubah Jadwal Ujian Seleksi Mitra Statistik BPS 2024, Ikuti 5 Langkah Mudah Berikut

Tentunya bukan nominal yang kecil. Jika kamu belum cukup untuk melakukan scalling gigi, kamu dapat menerapkan beberapa kebiasan ini untuk merontokan karang gigi sembari menabung:

1. Menyikat Gigi Secara Rutin

Rutin menyikat gigi 2 kali sehari selama 2 menit merupakan salah satu cara mencegah karang gigi. Untuk memberikan perlindungan maksimal, gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride serta sikat gigi dengan bulu sikat yang halus dan kepala sikat yang kecil agar dapat menjangkau sela-sela gigi.

2. Perhatikan Pola Makan

Kamu dapat mencoba makan makanan sehat dan batasi jumlah makanan manis mulai dari sekarang. Sikat gigi dan minum banyak air selama dan setelah makan. Gunakan juga obat kumur antiseptik setiap hari untuk membantu membunuh bakteri penyebab plak.

BACA JUGA:Jangan hanya Memandang Sisi Negatif, Begini Dampak Positif Bermain Game Online

3. Mengurangi Konsumsi Gula

Makanan yang mengandung banyak gula diketahui sebagai salah satu penyebab karang gigi. Reaksi antara bakteri alami di dalam mulut dengan makanan manis, dapat menghasilkan asam yang memicu pertumbuhan plak pada gigi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: